Pedomanbengkulu.com, Seluma – Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, menandai telah dimulainya kembali tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Saat ini Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan segera dibentuk.

PPDP yang akan dibentuk nantinya bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit), terhadap data pemilih. Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi (21/6/2020) mengatakan, perekrutan PPDP akan dilakukan pada akhir bulan ini.

“Rekrutmen PPDP dilaksanakan dari 24 juni hingga 14 juli, sedangkan pelaksanaan coklit dari 15 juli sampai dengan 13 agustus” jelas Sarjan.

Adapun nantinya pemutakhiran data pemilih akan dilakukan secara bertahap, sebelum menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

“Pemutakhiran data pemilih dilakukan secara bertahap, dan akan ditetapkan menjadi DPT melalui pleno,” jelas Sarjan.

Saat ini KPU Kabupaten Seluma sedang melakukan penyusunan data pemilih, dan penyampaian ke PPS, yang akan dilaksanakan sampai 14 juli mendatang.

Tahapan Pilkada 2020 tertunda sejak april lalu, karena bencana pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk indonesia. Pemungutan suara yang semula dijadwalkan pada 23 september 2020, ditunda hingga 9 desember 2020 mendatang. [IT2006]