PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Karena DO sawit belum dibayar, puluhan tengkulak sawit memblokir akses jalan masuk ke pabrik pengolahan kelapa sawit milik PT. Kencana Kawala Ketarara (KKK) di Kecamatan Ketahun, Senin (29/6/2020).

Tujuan aksi penutupan jalan tersebut adalah pihak tengkulak meminta pertanggung jawaban dari pihak perusahaan terkait uang DO yang digelapkan oknum dari CV. Karya Utama sebagai suplier.

Kapolsek Ketahun Iptu Teguh Ari Aji mengatakan aksi protes dapat dihentikan dan jalan menuju pabrik kembali dibuka. Rencananya, pihak CV. Karya Utama dan para tengkulak sawit akan dilakukan mediasi.

“Untuk penutupan jalan telah dibuka , dan aktifitas perusahaan PT. Kencana Kawala Ketara berjalan lancar, dan besok akan diadakan pertemuan antara perwakilan 5 orang toke dan pihak CV. Karya Utama dan didampingi oleh Perusahaan PT. Kencana Kawala Ketara,” jelas Kapolsek.

Disisi lain, melalui Kuasa Hukumnya, CV Karya Utama, Panca Darmawan, menyatakan telah membuat laporan dugaan penggelapan yang dilakukan oleh oknum karyawanya berinisial EG, ke pihak kepolisian tepatnya dugaan penggelapan uang mencapai dengan nilai mencapai Rp 1 Miliar.

“Beda loh PT. K3 dekek Karya Utama, tidak ada hubungannya lagi. Polisi harus cari dalangnya. ini bukan soal hutang piutang lagi,” pungkasnya. [Sugeng]