Ilustrasi

Dalam kondisi saat ini, selain menerapkan protokol kesehatan, hal yang tak kalah penting dilakukan saat ini adalah menjaga imunitas tubuh. Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat penting dilakukan, terutama dalam masa pandemi virus corona (covid-19) seperti sekarang ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah pun menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sebab, buah-buahan memiliki vitamin C, A, folat, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa buah yang wajib dikonsumsi agar tidak mudah sakit saat new normal.

1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Kadar vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit.

2. Pepaya

Buah pepaya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit. Pepaya mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat cukup yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

3. Jeruk

Berbagai jenis jeruk seperti, jeruk manis, lemon, jeruk nipis dan sebagainya merupakan sumber vitamin C. Buah ini memiliki sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C memiliki efek meningkatkan kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu atau infeksi virus. Satu studi menemukan bahwa vitamin C membantu mencegah pneumonia.

4. Anggur

Sama halnya seperti jeruk, anggur juga mengandung sumber vitamin C. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Belum lagi anggur mengandung kalori yang rendah.

5. Mangga

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Satu cangkir mangga menyediakan sekitar seperempat dari target harian untuk vitamin A.

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa menjadi pilihan untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam masa saat ini. Selain itu, penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga kebersihan dan berolahraga. [Suci Kusuma]