Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Menghadapi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, Jajaran TNI melaksanakan Operasi Bantuan Bencana Non Alam Pada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang. Untuk mempersiapkan personil, Kodim 0409 Rejang Lebong saat ini telah mendirikan posko Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB), posko tersebut didirikan dalam rangka gladi Posko I.

Komandan Kodim 0409/ Rejang Lebong, Letkol. Inf Sigit Purwoko mengatakan, gladi Posko I itu dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa (9/6) kemarin.

“Kegiatan gladi posko I ini merupakan latihan rutin yang dilakukan satuan setingkat Kodim dengan penyelanggarannya adalah Korem,” kata Sigit.

Kegiatan gladi posko yang dihadiri langsung oleh Kasrem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu, Letkol Arh M Fatkhurrahman kemarin itu bertujuan untuk mengasah kemampuan personil Kodim 0409 Rejang Lebong dan jajaran dalam berkoordinasi terutama saat wabah pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, kegiatan gladi itu juga untuk mengecek persiapan dan melatih kesiapan seluruh jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong terutama antara Dandim dengan Perwira staf.

“Dalam simulasi ini kita melaksanakan berbagai kegiatan, seperti menerima informasi dari lapangan terkait dengan bencana yang terjadi, kemudian data atau informasi tersebut kita sikapi termasuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya guna menanggulanginya,” sambung Dandim.

Melalui gladi posko I yang bertemakan “Kodim 0409/ Rejang Lebong Melaksanakan Operasi Bantuan Bencana Non Alam Pada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang” Dandim berharap dalam pelaksanaan yang sesungguhnya nantinya semuanya berjalan dengan baik dan maksimal.

“Kita berharap tidak terjadi bencana, namun ketika hal ini terjadi, personil kita sudah siap menghadapinya , sehingga permasalahan bisa segera diselesaikan,” pungkas Dandim. [Julkifli Sembiring]