PedomanBengkulu.com, Mukomuko – Lingkungan perkantoran Pemerintah Daerah Mukomuko ketika malam hari banyak didapati hewan ternak milik warga berkeliaran.

“Beberapa hari lalu, di perkantoran Pemda ada kendaraan bermotor hampir mengalami kecelakaan setelah melihat hewan ternak yang berkeliaran di di jalan komplek perkantoran. Meski tidak menimbulkan kecelakaan, jika dibiarkan akan membahayakan pengendara,” ujar Novita warga setempat, Minggu malam (21/6/2020).

Menurutnya, kondisi ini semestinya menjadi perhatian Pemkab Mukomuko melalui dinas terkait. Warga mempertanyakan keseriusan Pemkab dalam melakukan upaya penertiban ternak. Penertiban tersebut harus dilakukan secepatnya dan bukan hanya sekedar penertiban tanpa ada solusi.

”Terkhusus kepada masyarakat untuk sadar dalam hal tertib ternak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kepada OPD yang terkait untuk menindak tegas sekaligus memberikan sanksi agar menimbulkan efek jera,” kata novita.

Ia juga berharap dengan kondisi saat ini pemerintah diharapkan serius dalam menanggapi, karena hal tersebut sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Selain faktor keamanan warga yang melintas, tentu masalah kebersihan lingkungan juga jadi perhatian,” pungkasnya. [Angga]