Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Satu warga Rejang Lebong yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19, berjenis kelamin laki-laki berusia 56 tahun yang berdomisili di Kecamatan Curup, meninggal dunia dan dikebumikan di pemakaman khusu Covid-19 di Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan, Kamis malam (4/6/ 2020).

Disampaikan Jurubicara Gugus tugas Covid-19 Rejang Lebong yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Syamsir, warga tesebut sebelumnya pada saat dilakukan Rapid Test hasilnya reaktif.

“Ada satu orang ODP yang meninggal dunia dan sudah dimakamkan sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19, yang bersangkutan di makamkan di TPU khusus di Desa Lubuk Ubar, Kecamatan Curup Selatan,” kata Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, sebelum meninggal dunia, warga tersebut memiliki riwayat penyakit penyerta Diabetes Militus dan pada saat datang ke RSUD telah dilaksanakan pemeriksaan dengan mengikuti prosedur penangan Covid-19.

“Untuk hasil Swab sebelumnya sudah kita kirim ke Bengkulu namun hasilnya belum keluar, warga ini telah meninggal dunia,” kata Syamsir.

Pasca meninggalnya warga tersebut, pihak Dinas Kesehatan sudah melakukan rapid test terhadap tiga orang yang merupakan kontak erat pasien yang meninggal dunia tersebut dan semuanya dinyatakan non-reaktif, dan kemudian disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Keluarga yang kontak erat sudah kita Rapid test dan hasilnya unrekatif, meski begitu kita tetap meminta agar mereka melaksanakan Isolasi mandiri,” lanjut Syamsir.

Sementara itu, perkembangan data Covid-19 di daerah itu sampai saat ini, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada satu orang, kemudian PDP yang terkonfirmasi positif masih satu orang. Warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak delapan orang, tujuh orang dalam pemantauan dan orang ODP dinyatakan meninggal dunia, serta orang yang berasal dari zona merah atau notifikasi mencapai 10.510 orang.

“Kita minta agar masyarakat Rejang Lebong selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menggunakan masker, mengonsumsi makan-makanan bergizi, rajin berolahraga dan lainnya sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkas Syamsir. [Julkifli Sembiring]