PedomanBengkulu.com, Lebong – Dikarenakan saat ini masih dalam Pandemi Virus Corona (Covid-19), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong melaksanakan Posyandu secara terpusat di puskesmas. Kemudian bagi balita dan ibu hamil yang tidak mengikuti jadwal Posyandu, maka tim Puskesmas setempat akan lakukan sweeping dengan jemput bola pelaksanaan Posyandu ke rumah warga. Program ini dilaksanakan selain menjaga protokol kesehatan, juga untuk memastikan seluruh balita dan ibu hamil maupun lansia tetap mendapatkan pelayanan Posyandu yang optimal.

“Seluruh aktivitas Posyandu sekarang terpusat di masing-masing Puskesmas. Balita, ibu hamil maupun lansia perdesanya tetap mendapatkan layanan Posyandu. Bahkan jika jadwal desa tertentu ternyata ada yang tidak ikut di Puskesmas, maka tim akan turun secara door to door,” ungkap Kepala Dinkes Lebong Rachman kepada PedomanBengkulu.com Kamis (11/6/2020) pagi.

Ditambahkan Rachman, selain untuk layanan biasa Posyandu, pemberian imunisasi kepada bayi juga tetap diberikan meski di tengah pandemi seperti ini. Tentunya dalam pemberian imunisasi, pihaknya juga tetap menggunakan protokol pencegahan Covid-19.

“Untuk imunisasi kepada bayi tetap mengikuti jadwal yang sudah ada. Makanya setiap orang tua yang tidak sempat mengantarkan anaknya ke Puskesmas akan dikunjungi kerumah. Karena pemberian vaksin maupun imunisasi harus diberikan sesuai jadwal,” bebernya.

Untuk diketahui, jadwal pemberian imunisasi dan vaksin selama bulan Juni 2020, diperuntukan bagi bayi dan balita usia 0 – 2 tahun. Diantaranya Vaksin Bacille Calmette-Guérin (BCG), vaksn Polio, Vaksin Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT), vaksin Campak, vaksin Booster 1 dan Booster 2.[Supriyadi]