Wabah virus covid-19 di Indonesia masing bertambah, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, hari ini ada penularan baru Covid-19 di Indonesia. Hal ini ia sampaikan saat memberikan keterangan pers harian soal Covid-19.

“Dari pemeriksaan ini, kita dapatkan kasus baru, konfirmasi Covid-19 sebanyak 1.178 orang. Sehingga totalnya menjadi 50.187 orang,” ujar Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers (25/6/2020).

Yuri menambahkan, penyebaran paling banyak saat ini terjadi di Jawa Timur, dengan penambahan kasus sebanyak 247 orang disusul DKI Jakarta 157, Sulawesi Selatan 132, Maluku Utara 95 dan Kalimantan Selatan 90.

“Peningkatan tertinggi kita dapatkan di Jawa Timur dengan penambahan 247 kasus baru,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh pun juga bertambah lebih dari 700 orang.

“Total kasus sembuh yang kita dapatkan hari ini adalah 791 orang, sehingga totalnya menjadi 20.449 orang,” imbuhnya.

Meski demikian, kasus kematian akibat Covid-19 ini masih terjadi. Hari ini (25/6), ada penambahan kasus kematian sebanyak 38 orang.

“Meninggal 47 orang, sehingga total menjadi 2.620 orang,” katanya.

Saat ini, sebanyak lebih dari 446 kabupaten/kota di seluruh Indonesia telah terdampak. Seluruhnya tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Yurianto juga mengingatkan masih ada kelompok rentan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak menjaga jarak, tidak menggunakan masker, dan tidak rajin mencuci tangan.

“Inilah yang kemudian menjadi kelompok rentan untuk tertular dan ini memberikan gambaran kasus baru yang muncul,” tambahnya.

Dia menekankan potensi bahaya tinggi pada seseorang yang membawa virus tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang lain yang rentan tidak menggunakan masker. [Suci Kusuma]