PedomaBengkulu.com, Bengkulu – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu beserta rombongannya melakukan pengecekan dan pembersihan drainase disejumlah saluran air di lingkungan Kelurahan Rawa makmur, Merpati 2 RT 13, pada Senin (30/06/2020).

Saat pemantauan, Plt kadis PUPR Kota Bengkulu, Noprisman mengatakan telah menggerakkan pasukan URC guna membersihkan saluran drainase, menghindari dari sedimentasi tanah dan rerumputan yang berpotensi menjadi penyebab banjir.

“Saat ini kami sudah mengerakkan pasukan URC, untuk membersihkan saluran drainase. Pasalnya penumpukan sedimentasi membuat saluran air tersumbat dan menyebabkan air mudah tergenang. Sehingga difase pergantian musim ini dimanfaatkan untuk membersihkan sejumlah saluran drainase, khususnya di tempat yang berpotensi banjir bisa mengurangi genangan air,” ujar Noprisman.

Noprisman juga mengatakan saat ini Dinas PUPR Kota Bengkulu telah melakukan sejumlah pemeliharaan untuk mengantisipasi banjir ketika memasuki musim hujan.

“PUPR saat ini sudah menyiapkan tim URC dalam normalisasi saluran drainase, dan juga akan melakukan perbaikan jika ada saluran yang drainase mengalami mampet ataupun kerusakan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Noprisman juga mengimbau kepada masyarakat, terus menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Selama ini, saat operasi normalisasi, kebanyakan memang adalah sampah rumah tangga, pampers, kayu dan material lain. Saya juga ingatkan jangan sampai melupakan kebersihan drainase setiap kerja bakti. Kadangkan yang dibersihkan hanya yang atas saja, bawah jarang dilihat, padahal itu juga penting,” demikian Noprisman. [Soprian Ardianto]