Ustaz Asfahani Alhafiz saat memberikan penjelasan tentang bab wudu saat pengajian rutin malam Ahad di Masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas, Sabtu (13/6/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Risma/Laskar Masjid Agung At-Taqwa kembali menggelar kajian rutin pemuda setiap malam Ahad di masjid kebanggaan Kota Bengkulu tersebut, Sabtu (13/6/2020).

Kajian pada malam Ahad ini mengambil tema tentang wudu yang diisi oleh Ustaz Asfahani Alhafiz.

Sebagaimana diketahui, pentingnya menjaga wudu selama 24 jam sehari sebelumnya telah dipopulerkan oleh Walikota Bengkulu H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi.

Membasuh seluruh bagian tubuh yang terbuka, wudu menjadi salah satu perilaku penting untuk tetap menjaga anggota badan tetap bersih terutama dari virus-virus jahat seperti Corona tipe baru atau yang terkenal dengan Covid-19.

“Wudu ini salah satu amalan yang bisa membuat do’a setiap orang dikabulkan. Kalau ditelaah secara seksama, hal ini menjadi rasional. Wudu bisa menggugurkan dosa-dosa. Sementara yang menghalangi do’a dikabulkan salah satunya adalah karena dosa-dosa,” kata Ustaz Asfahani.

Alumni Pesantren Temboro tersebut juga menjelaskan bahwa rukun pertama dalam wudu adalah membaca niat.

“Niat dilafazkan ketika membasuh muka, bukan sebelum. Ketika air yang mengalir disiram ke bagian muka, maka saat itu niatnya baru kita lafazkan,” ujar Ustaz Asfahani.

Untuk diketahui, Risma At-Taqwa Kota Bengkulu merupakan kumpulan pemuda yang berasal dari masjid-masjid se Kota Bengkulu.

Para pemuda tersebut berkumpul untuk menyiarkan dakwah Islam dengan menyertakan pengorbanan harta dan waktu dalam mencari rida Allah subhanahu wa ta’ala.

Selain kajian pemuda malam Ahad, Risma At-Taqwa juga kerap mendatangi Rumah Tahanan (Rutan) Malabero, Ruang Tahanan Polres Bengkulu dan rumah-rumah sakit untuk mengajak warga Kota Bengkulu taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Baru-baru ini, Risma At-Taqwa Kota Bengkulu membuat program baru yakni dakwah di lokasi-lokasi wisata yang berpusat di Masjid Al-Hafizh Kawasan Taman Bonsai Pantai Anggut Bawah. [Angga]