PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Berdasarkan perkembangan terbaru dari Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 atau Corona Bengkulu terdapat dua orang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan satu konfirmasi positif Corona meninggal dunia, Rabu (3/6/2020).

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan, ada dua PDP dilaporkan meninggal dunia diantaranya AP laki-laki umur 30 tahun warga Kota Bengkulu dengan keluhan sesak nafas, lemas dan kejang, berdasarkan rapid test yang bersangkutan reaktif.

“Meninggal tadi malam dan dimakamkan secara Covid-19 dan sudah pernah di release tambahan PDP tanggal 31 Mei 2020,” kata Jaduliwan.

PDP meninggal kedua yaitu IJ, laki-laki umur 41 tahun warga Kota Bengkulu dengan keluhan nyeri perut sebelah kanan. Berdasarkan rapid test yang bersangkutan reaktif.

“Meninggal tadi malam dan dimakamkan secara Covid-19. Pernah di release tambahan PDP tanggal 01 Juni 2020,” ucap Jaduliwan.

Sedangkan, sambung Jaduliwan, kasus konfirmasi yang dilaporkan meninggal hari ini adalah kasus 77, laki-laki, umur 50 tahun.

“Pernah dirilis tambahan Konfirmasi Positif Covid-19 pada tanggal 30 Mei 2020,” jelas Jaduliwan.

Jaduliwan menjelaskan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 783, ODP selesai pemantauan 718, ODP masih dalam pemantauan 65, jumlah tambahan ODP 4 orang yakni dari Kota Bengkulu 1 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 1 orang dan
Kabupaten Mukomuko 2 orang.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 54 orang, PDP dinyatakan sehat 12, PDP menjadi konfirmasi 7, PDP proses pengawasan/dirawat 16, PDP meninggal 19. Jumlah tambahan PDP yang dilaporkan hari ini 1 orang, yaitu B, perempuan, umur 57 tahun, alamat Kebun Tebeng Kota Bengkulu, keluhan muntah dan penurunan kesadaran. Hasil Rapid Test reaktif, saat ini dirawat di RSMY Bengkulu.

Untuk jumlah sampel yang diperiksa 1.128, jumlah sampel positif 92, jumlah sampel proses pemeriksaan 204, jumlah Pengambilan Swab di Labkesda Provinsi Bengkulu hari ini 10, jumlah sampel yang keluar hasil hari ini 30 (dari RSMY Bengkulu, semua hasil negatif).

Jumlah Rapid Test yang sudah dilakukan 8.189, jumlah Rapid Test yang unreaktif 8.038, jumlah Rapid Test yang reaktif 151, jumlah pemeriksaan Rapid Test di Labkesda Provinsi Bengkulu hari ini 27, jumlah Rapid Test reaktif yang dilaporkan hari ini 2 yaitu N.K, perempuan umur 31, alamat Kota Bengkulu, kriteria Orang Tanpa Gejala (OTG), sudah dilakukan pengambilan Swab, saat ini melakukan isolasi mandri.

Kemudian DB laki-laki umur 27 tahun, alamat Kota Bengkulu, kriteria OTG, akan dilaksanakan pengambilan Swab, saat ini melakukan isolasi mandiri.

“Itu perkembangan terbaru Covid-19 Provinsi Bengkulu yang dilaporkam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Bengkulu,” demikian Jaduliwan. [Anto]