Tampak Aset milik badan usaha milik desa (Bumdes) Talang Panjang kecamatan Ilir Talo, senin (29/6/2020) pagi ditemukan dalam kondisi terbakar.

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Aset milik badan usaha milik desa (Bumdes) Talang Panjang kecamatan Ilir Talo, senin (29/6/2020) pagi ditemukan dalam kondisi terbakar. Aset tersebut berupa peralatan musik organ dan alat pengeras suara, yang disimpan didalam gedung Bumdes.

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu warga yang melihat adanya asap hitam, keluar dari gedung Bumdes sekitar pukul 03.00 WIB.

“Melihat asap hitam dari gedung Bumdes, saksi langsung berlari ke tempat warga bermain kartu remi, memberi tahu bahwa gedung Bumdes kebakaran. Kemudian saksi beserta rombongan sebanyak lima orang langsung menuju gedung tersebut, sampai di lokasi kebakaran mereka meminta bantuan warga, setelah itu warga datang dan turut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya dan api tersebut dapat dipadamkan” jelas Kapolsek Talo, Iptu Sodri (29/6/2020).

Akibat dari kejadian tersebut, Bumdes dirugikan sebesar Rp 40 juta. Tidak ada korban jiwa ataupun warga yang dilaporkan terluka akibat peristiwa tersebut.

“Asal api belum diketahui, karena api tiba tiba sudah membakar dalam gedung dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek dan Polres Seluma” jelas Sodri.

Adapun sebelumnya desa Talang Panjang menjadi perhatian, karena baru saja terjadi kericuhan warga dengan perangkat desa. Kericuhan tersebut terjadi saat pemerintah desa hendak membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, pada jum’at (26/6/2020). Dalam peristiwa tersebut terjadi baku pukul antara warga yang tidak menerima bantuan dengan perangkat desa, hingga menyebabkan keduanya terluka. Polsek, Koramil, dan Pemerintah Kecamatan kemudian melakukan mediasi hingga kedua pihak berdamai. [IT2006]