Ilustrasi

Bersepeda merupakan salah satu olahraga atau kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk tetap sehat di masa pandemi covid-19. Karena olahraga bersepeda cukup mudah dilakukan dan bisa menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Walaupun begitu, bersepeda di tengah Wabah virus corona tidak boleh dilakukan sembarangan. Keamanan tetap harus dijaga demi keselamatan serta kesehatan pengendara.

Pegiat olahraga sepeda Azrul Ananda mengatakan bahwa aktivitas bersepeda bersama lebih baik dilakukan bersama dengan orang-orang yang kita kenal. Salah satunya agar komunikasi dalam kelompok bisa dilakukan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Azrul dalam siaran pers dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Minggu, ditulis Senin (8/6/2020).

“Kalau kelompoknya berpengalaman pasti 2-2. Itu lebih aman karena bersebelahan dan di belakangnya lurus. Formasi yang normal paling aman seperti itu. Kalau lagi pleton kan biasanya masih di dalam kota jadi kita rata-rata masih pakai masker dan kita biasanya kalau sudah pengalaman tidak perlu bicara karena pakai kode tangan,” ujarnya menjelaskan tentang keamanan bersepeda di masa pandemi.

Soal penggunaan masker, Azrul merekomendasikan penggunaan masker buff saat berolahraga sepeda. Menurutnya, jenis penutup wajah tersebut bisa menutupi mulut, hidung, hingga telinga, namun udara yang keluar masih bisa terbuang.

“Kalau masker kan dia ketahan di dagu jadi basah, itu engap banget. Kalau pakai buff itu lebih nyaman karena bisa dibuang ke bawah. Sedikit lebih nyaman,” kata pendiri mainsepeda.com tersebut.

Dalam pengalamannya, saat bersepeda di tempat yang tidak ramai seperti jalan sepi dan tidak ada siapa-siapa, tidak masalah untuk membuka masker.

Selain itu, ketika berkendara di tengah kota dan harus menunggu lampu merah, Azrul lebih menyarankan pesepeda untuk menjaga jarak atau memisahkan diri dari antrian kendaraan lain.

Tidak lupa, Azrul tetap meminta masyarakat agar menggunakan pelindung kepala selama berkendara sepeda demi keamanan diri di jalan.

Itulah beberapa tips bersepeda di tengah pandemi ataupun bisa di terapkan pada masa New Normal sekalipun. Tetaplah menjaga kesehatan dan mengikuti portokol kesehatan yang telah ditetapkan. [Suci Kusuma]