PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Untuk menanggulangi dampak wabah Covid-19, desa Sungkai Berayun kecamatan Bang Haji Bengkulu Tengah mencairkan BLT-DD untuk lansia dan janda.

Sesuai anjuran Pemerintah dan berdasarkan Pemdes nomor 06 Tahun 2020. Desa Sungkai Berayun cairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi lansia dan janda yang terdampak covid, sebanyak 23 KK mendapatkannya bantuan BLT-DD yang disahkan melalu musdes sesuai dengan rekapan data gugus percepatan pencegahan Covid-19 desa sungkai Berayun.

Kepala desa Sungkai Berayun Mulyono menjelaskan, dari 23 penerima bantuan BLT-DD merupakan penerima di luar data bantuan dari Dinas Sosial ataupun dari Kementerian Sosial.

“Di luar penerima bantuan BPNT, PKH, BST atau bantuan lain. Baik dari Dinsos ataupun dari Kemensos. Sehingga untuk pemerataan penaggulangan dampak Covid-19, Pemdes menetapkan sebanyak 23 KK yang berhak mendapatkan BLT-DD yang kita utamakan lansia dan janda,” terang Mulyono saat ditemui PedomanBengkulu.com Kamis, (04/06/2020)

Mulyono juga mengimbau dengan adanya bantuan BLT-DD ini, masyarakat dapat memanfaatkan bantuan sebaik mungkin. Dengan membeli berbagai bahan pokok demi kelangsungan hidup.

“Bantun sebesar Rp600.000/KK selama 3 bulan ini, kita berharap warga dapat menggunakannya dengan bijak. Bukan untuk membeli barang-barang mewah tetapi digunakan untuk membeli bahan pokok. Sebab kita belum tahu kapan pandemi ini berakhir,” imbaunya.

Selain itu, Kades Sungkai Berayun juga berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus di wilayahnya. Dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap rumah seminggu sekali demi memberikan kenyamanan bagi warganya.

“Untuk pencegahan sendiri, kita rutin setiap minggunya melakukan penyemprotan. Sedangkan untuk kedepannya, kita akan fasilitasi setiap rumah memiliki alat semprot dan bahan disinfektan yang bersumber dari dana desa,” tutupnya. [Hendri Suwi]