Petugas Dinkes saat melakukan rapid test di salah satu Pukesmas di Kecamatan SAM, Rabu (30/7/2020) kemarin.

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pasca satu orang bidan di salah satu Puskesmas Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) kabupaten Seluma dinyatakan positif Covid-19 dan meninggal dunia pada rabu (30/7/2020) kemarin, Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan berbagai langkah penelusuran penularan.

Dinkes melakukan PCR Test dengan mengambil sampel swab terhadap 16 orang, yang melakukan kontak dekat dengan almarhumah pasien positif. Tak hanya itu puskesmas tempat almarhumah bidan juga ditutup operasionalnya untuk 14 hari kedepan.

“Ya, hari ini 16 orang diambil sampel swab” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Seluma Ahmad Tavip saat dikonfirmasi (31/7/2020).

Sementara itu sejak rabu kemarin, Dinkes Seluma juga melakukan rapid test terhadap orang orang yang pernah berinteraksi atau melakukan kontak dengan alamrhumah.

“Hasilnya unreaktif semua” jelas Ahmad Tavip.

Adapun almarhumah Bidan D-S meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS. M Yunus pada rabu kemarin. Bidan berusia 34 tahun tersebut dinyatakan positif Covid-19. Petugas kesehatan kemudian langsung memakamkan almarhumah ke TPU salah satu desa di kecamatan SAM pada Rabu malam, dengan penerapan protap pemakaman pasien Covid-19. [IT2006]