PedomanBengkulu.com, Seluma – Anggaran Dana Desa (ADD) untuk tiga desa yakni Ujung Padang, Padang Kelapo, dan Gunung Kembang kecamatan Semidang Alas Maras, saat ini belum dikucurkan oleh Pemerintah Kabupaten Seluma. Penundaan pencairan anggaran tersebut, karena masih ketiga desa masih berpolemik terkait perangkat desa.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Marah Halim (20/7/2020) mengatakan, pihaknya masih berkordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) terkait polemik di tiga desa.

“Masih kami lakukan koordinasi dengan Dinas PMD, jika memungkingkan dicairkan akan kami cairkan” jelas Marah Halim.

Dijelaskan Halim, sebelumnya total anggaran sebesar Rp. 349 juta untuk pencairan tahap pertama, akan segera dicairkan guna membayar gaji perangkat desa. Namun pencairan ditunda karena adanya pemberhentian kades, penggantian perankat desa lama ke baru, hingga aksi demonstrasi di Pemkab Seluma.

“Akan dilakukan bertahap, jika sudah selesai permasalahan baru akan dicairkan” jelasnya.

Adapun tiga kepala desa tersebut, sudah kembali diaktifkan oleh Bupati Seluma. Ketiga kades menyatakan setuju untuk mengaktifkan kembali perangkat desa lama, dan menandatangani surat perjanjian bersama Bupati Seluma. Sebelumnya tiga kades bersama warga pendukungnya melakukan aksi demonstrasi yang berlangsung hingga larut malam di Sekretariat Daerah, DPRD Seluma, hingga rumah dinas Bupati. [IT2006]