PedomanBengkulu.com, Lebong – Setelah mendapatkan kepastian dan jaminan adanya anggaran untuk operasional Armada pengangkut sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong menepati janjinya, dengan menerjunkan seluruh petugas kebersihan untuk mengangkut sampah-sampah, yang menumpuk di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pantauan PedomanBengkulu.com Sabtu (4/7/2020) pagi, tampak sejumlah petugas DLH membersihkan TPS yang dalam kondisi menumpuk sampah. Bahkan TPS yang sebelumnya sempat menimbulkan aroma tida sedap bagi masyarakat disekitarnya tersebut, dibersihkan dan diangkut ke TPA Air Kopras.

“Sesuai janji kami kemarin, setelah adanya kepastian anggaran operasional untuk Armada pengangkut sampah, hari ini seluruh petugas kita kerahkan untuk membersihkan sejumlah TPS untuk diangkut ke TPA,” ungkap Kepala DLH Lebong, Zamhari Bahrun kepada PedomanBengkulu.com Sabtu (4/7/2020) siang.

Kembali Zamhari menegaskan, bahwa pihaknya sama sekali tidak pernah meliburkan petugas kebersihan dilapangan. Dikarenakan keterbatasan anggaran pasca pemangkasan untuk penanggulangan Covid-19. Pihaknya memang hanya terkendala pada anggaran operasional Armada pengangkut sampah. Dikarenakan sudah ada kepastian ploting tambahan, maka pihaknya berinisiatif mencari pinjaman, untuk menutup biaya operasional Armada pengangkut sampah tersebut.

“Kepada masyarakat yang sebelumnya terganggu akan penumpukan sampah di beberapa TPS, kami dari DLH mohon maaf dan hari ini semuanya sudah berguyur diangkut ke TPA,” pungkasnya.[Supriyadi]