PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Keamanan dan ketertiban merupakan hal penting dalam proses kemajuan suatu daerah, dengan demikian pembangunan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Begitupun dengan kemajuan desa, desa dapat berkembang apabila pembangunan dapat berjalan sejajar dengan peningkatan SDM masyarakatnya. Peran serta aparat kewilayahan seperti Babinsa juga dapat membawa pengaruh baik dalam mewujudkan kemajuan desa binaannya. Saran dan masukan serta sosialisasi dapat disampaikan kepada perangkat desa maupun warga melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang rutin dilaksanakan pada saat anjaksana.

Seperti yang dilaksanakan oleh Koptu Susanto, anggota Koramil 407-03/TE yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, pada hari Kamis ( 16/7/2020 ) melaksanakan kegiatan Komsos bersama perangkat Desa Taba Mutung. Dalam lawatannya di kantor desa, Koptu Susanto menyampaikan beberapa hal diantaranya, beliau meminta kepada perangkat desa agar aktif dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan jabatan yang diemban. Selanjutnya beliau mengajak seluruh perangkat desa agar peduli terhadap keamanan desa, dengan cara mengaktifkan kembali fungsi siskamling, membuat jadwal ronda bagi warga dan melaporkan setiap kejadian kepada pihak berwajib.

“Saya juga berharap agar dalam melaksanakan pembangunan didesa mengutamakan tertib administrasi, agar terhindar dari kesalahan dan kekeliruan yang nantinya akan bermasalah dengan hukum” tegasnya.

Menurut Koptu Susanto, selama ini hubungan antara perangkat desa dan warga Taba Mutung dengan Babinsa cukup baik, saling mendukung dalam melaksanakan tugas pokok sehingga terjalin sinergitas yang berdampak pada kemajuan desa binaan. Yang terakhir dan tidak pernah lupa, Babinsa menyampaikan kepada perangkat desa agar tetap menghimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan, sebab sampai saat ini wabah Covid-19 belum juga berakhir.

Sekdes Taba Mutung, Tarmizi mengakui bahwa peran serta Babinsa selama ini cukup baik untuk kemajuan desa, Babinsa selalu hadir dalam setiap kegiatan, baik bersifat dinas maupun hanya sekedar bersilaturahmi dengan warga Taba Mutung. Saran dan masukan terus diberikan oleh Babinsa untuk kemajuan desa, bahkan sering memberikan solusi kepada warga dalam hal peningkatan ekonomi, seperti mengajak warga berkreasi di bidang lapangan pekerjaan baru. Kehadiran Babinsa juga berpengaruh kepada kesadaran warga dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban desa, sehingga kondusifitas Desa Taba Mutung tetap terjaga sampai saat ini. [Hendri Suwi]