PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf Sigit Purwoko SE meminta Balon Kada yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2020 agar tidak tidak memasang baliho di fasilitas milik TNI.

” TNI Netral, jadi kami minta agar seluruh bakal calon kepala daerah menghormati, Saya ingatkan kepada seluruh Balon Kada dilarang keras memasanga spanduk, poster dan banner yang bermuatan politik, baik ditanah miliki TNI, asrama militer dan sejumlah fasilitas militer lainnya,” tegas Dandim, Kamis (2/6/2020).

Disampaikan Dandim, beberapa waktu terakhir pihaknya menemukan sejumlah baliho, poster hingga spanduk milik sejumlah Balon Kada di wilayah Kodim 0409/Rejang Lebong yang dipasang disejumlah fasitas milik TNI khususnya TNI AD. Dandim tegaskan netralitas TNI dalam Pilkada serentak 2020 khususnya diwilayah Kodim 0409/Rejang Lebong adalah harga mati. Oleh karena itu, jangan sampai netralitas TNI tersebut tercoreng gara-gara pemasanganan baliho, banner atau spanduk milik balonkada.

“Saya tidak pernah memberikan Izin pemasangan alat peraga kampanye cakada, Bila ada ditemukan banner politik difasilitas milik TNI, saya pastikan itu tidak memiliki izin,” tambah Dandim.

Ditambahkan Dandim, beberapa waktu lalu tim dari Kodim 0409/Rejang Lebong telah membersihkan sejumlah banner, spanduk dan baliho balon kada yang dipasang di tanah atau fasilitas milik TNI. Namun belakangan banner atau baliho tersebut kembali muncul dibeberapa titik. Oleh karena itu ia meminta kerjasama baik kepada masing-masing Balon Kada ataupun tim pemenangan untuk tidak lagi memasang banner atau baliho di tanah atau fasilitas milik TNI.

“Kami juga telah melakukan pemasangan spanduk himbauan di tanah atau fasilitas milik TNI, kami harap himbauan kami ini bisa dimengerti dan tidak ada lagi pemasangan spanduk dan sejenisnya yang bermuatan politik di fasilitas milik TNI,” ujar Dandim. [Julkifli Sembiring]