PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakilnya Dedy Wahyudi, menerima kunjungan Kepala Badan Narkotik Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu, di Balai Kota Bengkulu, Kamis (30/7/2020). Kunjungan membahas bagaimana penyelamatan anak bangsa dari Narkotik.

Kunjungan terhadap Walikota Bengkulu Helmi Hasan langsung Kepala BNN Provinsi Bengkulu yakni Brigjen. Pol. Drs. Toga Habinsaran Panjaitan dan Kepala BNN Kota Bengkulu Alexander S. Soeki juga hadir Kepala Badan Kesbangpol Riduan serta Kepala BPKAD Arif Gunadi.

Dalam pertemuan tersebut Toga membahas bagaimana upaya meningkatkan pelaksanaan optimalisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kota maupun di kabupaten yang ada Provinsi Bengkulu.

“Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota maupun di kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Tetapi untuk saat ini masih banyaknya terkendala regulasi-regulasi daerah. Untuk itu, saya berharap nantinya ada peraturan daerah (perda) guna mendukung program ini,” ujar Toga.

Lalu, sambung Toga, untuk mensukseskan tujuan kita bersama memberantas Narkoba perlu adanya dukungan-dukung agar nantinya berjalan lancar sesuai dengan rencana.

“Untuk tempat rehabilitasi Kota maupun Provinsi saat ini belum ada. Sedangkan kita yang terpapar narkoba di Kota maupun Provinsi angkanya semakin tinggi kisaran 20 ribu kasus yang terpapar. Kasus ini beranekaragam seperti mengkonsumsi komic, lem, ganja dan lainnya. Oleh karena itu, kami harapkan semua bersinergi untuk mewujudkan semua ini,” jelas Toga.

Selain itu, tambah Toga, saat ini pihak BNN telah berupaya berbagai macam cara seperti belum lama ini kita sudah meluncurkan program Kampung Bersinar sebagai kampung percontohan kampung yang bebas dari narkoba.

“Kampung bersinar ini tujuannya untuk menjadi contoh kepada Kabupaten maupun Kota lain agar daerahnya bebas dari narkoba. Di Kota Bengkulu, Kelurahan Sidomulyo yang telah dijadikan kampung bersinar ini guna menjalankan program P4GN,” tambahnya.

Ditempat yang sama, mendengar apa yang disampaikan Kepala BBN Provinsi Bengkulu Brigjen. Pol. Drs. Toga Habinsaran Panjaitan, Walikota Helmi sangat mendukung pihak BNN Provinsi atau Kota, dalam memerangi bahaya akan bahayanya narkoba.

“Kita akan terus mendukung semua program yang dijalankan pihak BNN dalam memerangi bahaya Narkoba. Untuk meningkatkan kinerja BNN, kita akan hibahkan tanah untuk membangun kantor BNN Kota Bengkulu. Nanti konsep pembangunannya dapat dibicarakan bagaimana bagusnya. Dan insyaallah 2021 kita akan bantu pembangunannya,” ujar Helmi.

Hal ini, Kata Helmi Hasan Walikota Bengkulu dia periode ini menyampaikan bahwa apa yang disampaikan sangatlah bagus dan ini sangat sejalan dengan Kota Bengkulu Kota Hadits, Masyarakatnya Religius dan Bahagia.

“Untuk mensukseskan program Kota Bengkulu religius dan bahagia sudah menanamkan nilai keagamaan untuk membuka rumah ibadah 24 jam dengan diisi kegiatan positif. Dan juga kita juga telah ada Satgas Anti Narkoba Sekolah (SANS) serta kita telah meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan pendekatan kepada orangtua dengan lebih intens guna mencegah penyebaran narkoba,” pungkas Helmi. [Soprian]