PedomanBengkulu.com, Seluma – Masjid Agung Baitul Falihin di kelurahan Pasar Tais kabupaten Seluma akan kembali melaksakan kegiatan Salat Id, pada jum’at (31/7/2020) besok. Sebelumnya pada saat hari raya Idul Fitri lalu, masjid tidak melaksanakan kegiatan salat id berjemaah, karena situasi pandemi Covid-19 dan Seluma yang masih berada di zona merah.

Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Seluma, Supratman (31/7/2020) menyatakan, pelaksanaan salat id dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan yang ketat, yakni dengan pembatasan jarak antar jemaah.

“Yang diundang seluruh kepala OPD, tokoh masyarakat, dan anggota DPRD serta seluruh masyarakat. Pukul 06.30 kegiatan salat id akan dimulai” jelasnya.

Sementara itu Pemkab Seluma juga tidak akan melaksanakan kegiatan lain pasca pelaksanaan salat, untuk menghindari pertemuan dan kerumunan massa. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Setelah salat biasanya dilaksanakan sarapan pagi bersama sama, tahun ini tidak. Selesai salat akan langsung pulang dan tidak ada kegiatan lain” jelasnya.

Adapun keputusan pelaksanaan salat id yang dilaksanakan di masjid diambil berdasarkan koordinasi Pemkab Seluma dengan Kementerian Agama, MUI, dan organisasi keagamaan yang ada di Seluma. Langkah ini berbeda saat Idul Fitri lalu, dimana masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan salat id dirumah. [IT2006]