PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Di tengah pandemi Covid-19, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara dijalankan dengan penuh khidmat dalam sebuah upacara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (1/7/2020) pukul 08.30 WIB.

Mayoritas tokoh negara memberikan ucapan selamat kepada Kepolisian Republik Indonesia yang hari ini memperingati Hari Bhayangkara ke-74. Sebagaimana anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief.

“Selamat Hari Bhayangkara yang ke-74 semoga Polri semakin profesional dan semakin dicintai masyarakat. Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif,” kata Riri Damayanti.

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI ini mengapresiasi program menarik yang dibuat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada HUT Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020 ini.

“SIM gratis bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli di seluruh Indonesia. Saya simak yang daftar ribuan orang. Tentu ini sangat bermanfaat di tengah ekonomi masyarakat lagi susah akibat pandemi sambil mengingatkan kembali tentang pentingnya lembaga ini bagi NKRI,” ungkap Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini optimis, Kepolisian Republik Indonesia semakin dapat mengelola institusinya menjadi lembaga yang transparan, akuntabel, mencintai dan dicintai masyarakat serta mampu menjadi alat untuk mewujudkan Indonesia yang aman, nyaman, tentram, kondusif, dan bahagia.

“Saya yakin semua kritik yang disampaikan kepada Polri secara institusi sifatnya untuk membangun agar lembaga ini semakin mencintai dan dicintai masyarakat. Dirgahayu Bhayangkara, Polri selalu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat,” tutup Riri Damayanti.

Polri berdiri tahun 1946 berawal dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab hanya untuk masalah administrasi, sejak 1 Juli dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Hal itu menjadi dasar tanggal 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara sampai sekarang. Sejak berdiri, Polri terus berperan aktif dalam gerakan kemerdekaan dan bertempur di seluruh wilayah RI.

Upacara Hari Bhayangkara ke-74 sendiri berjalan dengan lancar di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. [Muhammad Qolbi]