Mencuci Apel (Foto: Pinterest.com)

Mengelap apel yang akan kamu makan dengan kain, mungkin bisa menghilangkan debu atau kotoran yang menempel, tapi menghilangkan sisa pestisida pada apel, tentulah bukan perkara yang gampang. Tidak dapat dipungkiri bahwa apel adalah salah satu buah yang paling paling tercemar pestisida berdasarkan banyak penelitian.

Tapi jangan cemas, ternyata sisa pestisida di apel bisa dihilangkan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan semua orang di rumah.

Melansir laman sciencedaily.com, ilmuwan melaporkan dalam journal of Agricultural and Food Chemistry ACS, bahwa mencuci apel dengan baking soda bisa menghilangkan sisa pestisida pada buah apel.

Penggunaan pestisida, sejatinya memang dapat meningkatkan hasil panen, namun kekhawatiran akan dampak potensial terhadap kesehatan manusia terus menjadi perhatian serius akhir-akhir ini.

Salah satu cara yang dianggap dapat mengatasi permasalahan tersebut, adalah dengan mencuci buah yang tercemar pestisida, dan ini juga digunakan dalam standar industri makanan yang menggunakan buah-buahan termasuk apel dalam produksinya.

Tetapi beberapa senyawa yang diserap oleh buah dan sayuran mungkin tidak mudah menghilangkan pestisidanya hanya dengan mencuci dengan cara biasa. Lili dan rekannya dalam penelitian ini ingin mengetahui metode paling efektif untuk mengurangi sisa pestisida.

Para peneliti melakukan percobaan terhadap dua jenis pestisida yang umum digunakan, yang pada penelitian sebelumnya diketahui mampu menembus kulit apel.

Peneliti kemudian mencuci apel tersebut dengan tiga cairan berbeda, air keran, air soda dan larutan pembersih dengan standar industri. Penggunaan baking soda ternyata yang paling efektif dalam mengurangi kadar pestisida. Setelah 12 hingga 15 menit, 80 hingga 96 persen sisa pestisida dapat dikeluarkan tergantung jenis pestisidanya. [Ricky]