PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Bengkulu melangsungkan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) Tahun 2020, di Hotel Raffles Pantai Panjang Kota Bengkulu pada Sabtu (27/7/2020).

Ujian tingkat dasar Advokat ini adalah seleksi awal dari penerimaan untuk mencari calon Advokat-advokad yang handal yang mana pesertanya diikuti 53 orang mulai dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

“Selamat mengikuti ujian kompetensi dasar profesi advokat (UKDPA) Kongres Advokat Indonesia (KAI) tahun 2020 di DPD KAI Provinsi Bengkulu.” ungkap Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) KAI Khytman Jansen Purba.

Lalu, sambungnya, ujian dasar ini peserta akan diuji kemampuan akademis yang tersaji didalam multichoice dan essay, sikap komunikasi dan Intitute serta itu nanti akan melalui wawancara.

Setelah proses itu nantinya dilalui, dan kita sudah melihat usia, secara akademisinya, kita juga akan melihat calon Advokat ini sebagaimana profesi yang nantinya orang-orang dapat dihandalkan.

“Khusus Advokat ini kami mencoba menjaring bukan hanya orang yang mampu dipersyaratan, usia dan akademisi, akan tetapi Advokat ini sebagaimana profesi yang layak menjadi profesi Advokat.” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua didang pendidikan dan pelatihan DPP KAI Moh. Lukito Prabowo menambahkan, ujian tingkat dasar calon Advokat ini secara multichoice, essay dan wawancara.

“Ujian ini secara multichoice, essay, barulah dilanjutkan wawancara, dimana wawancara tersebut ujian untuk membangun integritas sebagai seorang Advokat yang harus profesional dan benar-benar menjadi Advokat menegakkan hukum yang adil di tengah-tengah masyarakat.” ungkapnya.

Pada dasarnya bahwa perintah Undang-Undang (UU) Advokat dengan penegak hukum itu adalah sama, mulai pihak kepolisian, jaksa, begitu juga profesi sebagai Advokat.

“Tugas dan fungsinya sama, sama-sama menegakkan hukum, dan lebih kita tekankan bahwa Advokat itu bukan sekedar jargon semata, karena Advokat adalah Penegakkan hukum di tengah-tengah masyarakat.” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPD KAI Provinsi Bengkulu sangat mengapresiasi, pelaksanaan ujian tingkat dasar Advokat yang diikuti 53 peserta.

“Saya ucapkan terimakasih kepada DPP KAI dan kepanitiaan ujian hari ini, dan selamat mengikuti ujian kompetensi dasar profesi advokat (UKDPA) serta nantinya menjadi Advokat yang handal dalam menegakkan hukum di tengah-tengah masyarakat.” ungkap Ilham Fathilah, SH.,MH Ketua DPD KAI Provinsi Bengkulu, [Soprian]