Anggota Komisi X DPR RI, Hj Dewi Coryati, M.Si

PedomanBengkul.com, Bengkulu – Anggota Komisi X DPR RI, Hj Dewi Coryati, M.Si mengapresiasi Pemerintah Kota Bengkulu yang memberikan kuota internet gratis untuk siswa dan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) guna mendukung kegiatan belajar secara daring.

Langkah ini diambil mengingat Pemkot Bengkulu masih tidak mengizinkan kegiatan belajar mengajar tatap muka di dalam ruang kelas karena Pandemi COVID-19.

Menurut Dewi, pembelajaran jarak jauh saat ini merupakan pilihan metode belajar yang tak terelakan lagi.

“Di Kota Bengkulu jaringan internetnya bagus dibandingkan dengan kabupaten – kabupaten lain di Provinsi Bengkulu. Ini menjadi keunggulan bagi siswa di Kota Bengkulu,” kata Dewi.

Hanya saja, sambung Dewi, yang menjadi kendala saat ini adalah ketersedian kuota dari para siswa dan orang tua yang terbatas. Mereka banyak yang tidak sanggup membeli kuota untuk mengakses internet dan melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh.

“Dengan kerjasama Pemkot Bengkulu dengan salah satu provider maka menjawab kebutuhan siswa dan guru untuk mendapatkan fasilitas kuota internet gratis penunjang belajar mengajar,” ungkap Dewi.

Sebelumnya Rabu (7/7/2020) lalu di Gedung BNPB Jakarta, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sudah menggelar pertemuan dan menjalin kerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi. Salah satu kerjasamanya adalah program gerakan donasi kuota internet berupa modem dan data gratis untuk seluruh sekolah di Kota Bengkulu.

Program modem dan kuota gratis ini diharapkan menjadi solusi atas kendala proses belajar mengajar guru dan siswa akibat diliburkannya sekolah karena wabah pandemi COVID-19.

Selain dilakukan secara daring, Pemkot juga telah bekerja sama dengan stasiun televisi lokal dalam hal penayangan proses belajar siswa saat di rumah. Proses belajar daring ini akan terus dilakukan hingga kondisi Kota Bengkulu kembali ke zona hijau atau aman dari COVID-19. [***]