Konferensi pers Lembaga Survei Roda Tiga Konsultan di Hotel Santika Bengkulu, Senin (20/7/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Lembaga Survei Roda Tiga Konsultan setelah melakukan survei Pandangan dan Harapan Masyarakat terhadap situasi sosial Politik kepada Calon Gubernur Bengkulu (Cagub).

Hasil survei dari 6 sampai 13 Juli 2020 disampaikan pada Senin (20/7/2020) di Hotel Santika. Jika dilakukan head to head antara Rohidin Mersyah dengan Helmi Hasan maka Helmi Hasan akan menang telak.

Hasil survei menunjukkan bila pilkada Bengkulu dilakukan pada hari ini, dengan head to head antara Rohidin Mersyah dengan Helmi Hasan maka yang jadi pemenang dan memimpin Provinsi Bengkulu adalah Helmi Hasan.

“Seandainya pilkada Bengkulu dilaksanakan pada hari ini, head to head antara Helmi Hasan dan Rohidin Mersyah maka Helmi Hasan akan mendapatkan mata pilih 23,9 persen sedangkan Rohidin Mersyah 17,1 persen,” ungkap Direktur Roda Tiga Konsultan M.Taufik Arif saat persentasi penyampaian hasil survei pada Senin (20/7/2020).

Metode survei tersebut sambung M.Taufik Arif, dengan populasi warga negara Indonesia yang berdomisili di lokus survei dan berusia 17 tahun keatas atau yang sudah menikah tidak termasuk TNI/Polri.

“Pengambilan sampel menggunakan metode stratified system random sampling. Sampel berasal dari seluruh kecamatan di kabupaten/Kota se-provinsi Bengkulu yang didistribusikan secara profesional berdasarkan besaran jumlah pemilih,” jelasnya.

Setiap respon terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang telah dilatih.

“Dilakukan quality control sebanyak 20 persen dari total sampel secara random, dengan cara mendatangi kembali responden terpilih atau mengkonfirmasi ulang responden terpilih (spot check) dan atau menghubungi via telepon (call back).” tutupnya. [Soprian]