PedomanBengkulu.com, Lebong – Pemerintah Daerah (Pemda) Lebong melalui melakukan singkronisasi data sebanyak 7.700 peserta warga Kabupaten Lebong, yang masuk dalam Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tahun 2020. Bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong, Kamis (2/7/2020) siang. Dalam rakor ini juga, membahas adanya pemangkasan sebanyak 23 ribu peserta penerima Jamkesda dari Pemkab Lebong itu, dimana saat ini Pemkab hanya bisa mencover sebanyak 7.700 peserta yang aka didata dan dalam sepekan ini akan disingkronisasikan terlebih dahulu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin menyampaikan, Pemda Lebong membutuhkan peserta penerima jamkesda sejumlah 7.700 sejak bulan Juni hingga Desember 2020. Jumlah tersebut setelah adanya pemangkasan sebanyak 23 ribu peserta.

“Jumlah 7.700 peserta ini akan kita singkronkan datanya sebagai penerima Jamkesda. Karena bulan Juni ini sudah lewat, tapi kepesertaan itu akan kita daftarkan tanggal 20 Juli nanti,” ungkap Mustarani usai memimpin rakor.

Ditambahkan Mustarani, dari 23 ribu peserta Jamkesda yang masuk data pemangkasan, memang terjadi penghematan yang cukup siginifikan. Untuk itu, dengan data setiap wilayah yang terkena pemangkasan, akan disurati para kades dan Lurah melalui Camatnya. Sekaligus untuk meminta data yang akan disingkronisasikan kedalam data baru yang berjumlah 7.700 peserta Jamkesda nantinya.

“Sesuai janji para kepala Puskesmas dan Camat, dalam seminggu kedepan verifikasi datanya akan selesai. Sebagai sosialisasi kepada masyarakat, bahwa penerima Jamkesda ini adalah masyarakat kita yang tidak mampu dan layak menerima Jamkesda,” ucapnya.

Sumentara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman menyebutkan, dari pemangkasan 23 ribu tersebut, maka untuk peserta warga tidak mampu akan di bantu dalam Jamkesda.

“Karena pada bulan Mei dan April ada perubahan premi, jadi ada selisi anggaran sekitar Rp 1,1 miliar, anggaran ini lah sebagai jaminan untuk premi Jamkesda untuk Juli hingga Desember 2020,” singkatnya.[Supriyadi]