Kacang Almond (Foto: dnascience.plos.org).

Penelitian dari Pennsylvania University menemukan bahwa konsumsi kacang Almond secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik di dalam tubuh, sekaligus memperbaiki fungsinya membantu menghilangkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari tubuh.

“Ada banyak penelitian di luar sana yang menunjukan diet yang menggunakan kacang almond untuk menurunkan kolesterol LDL di dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyakit jantung,” kata Penny Kris-Etherten, Profesor nutrisi terkemuka di Penn State.

“Tapi tidak banyak yang diketahui bagaimana almond mempengaruhi kolesterl HDL, yang dianggap kolesterol baik dan membantu menurunkan resiko penyakit jantung,” lanjut Kris-Etherten seperti dilansir dari EurekAlert.org.

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition tersebut, para peneliti membandingkan tingkat dan fungsi lipoprotein densitas tinggi (kolesterol HDL) pada orang yang makan kacang almon setiap haru, ke tingkat HDL dan fungsil dari kelompok orang yang sama saat mereka makan muffin. Para peneliti menemukan bahwa sementara peserta menjalani diet almond, tingkat dan fungsi HDL mereka meningkat.

Kriss mengatakan, penelitian tersebut didasarkan pada penelitian sebelumnya mengenai efek almond pada diet penurun kolesterol.

Peneliti juga ingin melihat, apakah kacang almond tidak hanya meningkatkan kadar, tetapi juga memperbaiki fungsi kolesterol HDL, yang bekerja dengan mengumpulkan kolesterol dari jaringan seperti arteri dan membantu mengangkutnya keluar tubuh.

“Kami dapat menunjukan bahwa ada partikel yang lebih besar sebagai respon terhadap konsumsi kacang almond dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi. Itu akan menghasilkan partikel-partikel yang lebih kecil yang akan bekerja menjaring dan menarik keluar kolesterl, bertambah besar dan membawa kolesterol itu ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, konsums kacang almond secara keseluruhan tidak serta merta menghilangkan risiko penyakit jantung, tapi bisa menjadi makanan ringan yang sehat. Selain itu, kacang almond juga member manfaat kesehatan jantung mereka, memberi dosis lemak baik, vitamin E dan serat.

“Almond bukan obat-obatan, tapi bila dimakan secukupnya, ini menjadi makanan tambahan yang baik untuk kesehatan,” jelasnya. [Ricky]