PedomanBengkulu.com, Seluma – Polemik seleksi perangkat desa di Talang Kabu kecamatan Ilir Talo, saat ini sudah diterima laporannya oleh Inspektorat Kabupaten Seluma. Inspektur Daerah Kabupaten Seluma, Deddy Ramdhani mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan Dina Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Dijelaskan Deddy, jika sudah ditelaah oleh PMD dan merupakan ranah Inspektorat, pihaknya akan memproses laporan tersebut. Adapun laporan tersebut juga sudah diterima langsung oleh Bupati Seluma.

“Laporan sudah ada masuk ke kami, tetapi kami koordinasi dengan dinas PMD terlebih dahulu, dan sedang dipelajari. Jika sudah memasuki ranah kami, akan kami proses” jelas Deddy.

Adapun sebelumnya, seleksi perangkat desa di Talang Kabu dilaporkan oleh pesertanya yakni Sela Antesa. Ia melapor karena tidak dinyatakan sebagai pemenang seleksi, padahal merupakan peraih nilai tertinggi.

Berdasarkan hasil seleksi, ia mendapat nilai total sebesar 141, sedangkan pesaingnya di nomor urut dua yang bernama Rini Fustika Sari hanya meraih nilai sebesar 137. Namun pada pekan lalu, Kades Talang Kabu justru tetap melantik Rini menjadi Kepala Urusan (Kaur) Keuangan.

“Hari rabu itu kades sudah menerbitkan undangan, dan kami tahunya dari polisi yang datang ke rumah, memberi tahu dan mengajak untuk tidak melakukan hal hal yang tidak diinginkan karena mau pelantikan” jelas Sela saat ditemui di Pemkab Seluma, Jum’at (3/7/2020) lalu. [IT2006]