Salat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Kewajiban ini berlaku kepada semua muslim yang telah memasuki masa baligh sebagai bentuk dan manfaat beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya salah seorang di antara kalian (terhitung) di dalam sholat selama tertahan oleh sholat sedang para malaikat mendoakan mereka: ‘Ya Allah, ampunilah dia; ya Allah rahmati dia, selama dia tidak berdiri dari tempat sholatnya atau berhadas (batal wudhunya)’. Salah seorang di antara kalian senantiasa (terhitung) di dalam sholat selama ia tertahan oleh sholat, tidak menghalanginya untuk kembali kepada keluarganya kecuali sholat.” (HR Bukhari).

Selain itu, Salat merupakan benteng yang dapat membentengi manusia dari segala bentuk perbuatan mungkar dan maksiat. Sebagaimana Allah Subhanahu wata’ala
berfirman,

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Selain amalan shalat, keutamaan mengunggu waktu shalat juga memiliki amalan yang dapat mendatangkan pahala. Lalu apa sajakah keutamaan menunggu waktu shalat, berikut 13 keutamaan menunggu waktu shalat.

1. Mendapat Doa Dari Malaikat

Keutamaan menunggu waktu salat yang pertama ialah bahwa seorang muslim akan didoakan oleh malaikat. Sebagaimana Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendo’akannya: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia”

2. Dihitung Sebagai Shalat Hingga Tibanya Waktu Shalat

Dalam sebuah hadis yang berbunyi :

jika ia telah masuk masjid, maka ia dihitung dalam shalat selama ia tertahan/menunggu shalat..” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649)

3. Mendapati waktu yg mustajabah setelah adzan, hingga tibanya waktu shalat

Keutamaan mengunggu waktu shalat yang selanjutnya ialah mendapat waktu yang mustajab. Waktu mustajab ini merupaka waktu dimana semua doa yang akan kita panjatkan akan langsung didengar oleh Allah
Subhanahu wata’ala, sehingga tentunya akan dapat lebih mudah dikabulkan. Hal tersebut sesuai bunyi pada hadist berikut :

“Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad 3/155, Tirmidzi 212)

4. Mampu Menghapus Dosa

Dalam sebuah hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata,

“Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667).

Ini tentunya menjadi salah satu keutamaan menunggu waktu shalat. Dimana ketika menunggu dan kemudian menjalankan shalat maka Allah Subhanahu wata’ala berjanji untuk dapat menghapuskan dosa-dosa umatnya tersebut juga sebagai cara agar hati tenang dalam islam .

5. Pahala dan Keutamaannya Bagaikan Orang yang Berjaga-jaga Di Wilayah Perbatasan Negeri Muslim Dengan Negeri Kafir

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
dalam sabdanya yang berbunyi :

“Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat?” Para sahabat menjawab, ‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda: ‘Menyempurnakan wudhu dalam keadaan yang tidak disukai, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu sholat (yang berikutnya) setelah melakukan sholat, itu adalah ribath (yakni pahalanya seperti berjaga-jaga di wilayah perbatasan negeri muslim dan kafir, pent).” (HR. Muslim nomor.251).

Itulah beberapa keutamaan menunggu waktu salat. Sesungguhnya setiap langkah umat muslim selalu di atur dan diberikan berkah oleh Allah Subhanahu wata’ala.[Suci Kusuma]