PedomanBengkulu.com, Lebong – Setelah mencuatnya sejumlah keluhan masyarakat, terkait menumpuknya sampah-sampah di bak penampungan sementara atau tempat pembuangan sampah (TPS) dibeberapa titik. Khususnya dikawasan Pasar Rakyat Lebong Amen dan seputaran Pasar Muara Aman. Berdasarkan informasi dari petugas kebersihan dilapangan, bahwa tidak diangkutnya sampah di bak penampungan sementara tersebut, dikarenakan tidak adanya dana operasional armada pengangkut sampah.

Dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong, Zamhari Bahrun membenarkan hal tersebut. Bahkan menurut Zamhari, dana operasional armada pengangkut sampah terhitung sejak 1 Juli 2020 sudah memang habis, tetapi sebelumnya tidak ada titik terangnya. Untuk petugas kebersihan dilapangan tetap bekerja, tapi operasional armada pengangkut sampah yang berhenti karena kehabisan anggaran.

“Kalau petugas tetap bekerja, tapi pengangkutan sampah memang terkendala dana operasional yang tidak ada, makanya ada penumpukan di sejumlah penampungan sampah,” ungkap Zamhari kepada PedomanBengkulu.com Jum’at (3/7/2020) siang.

Masih menurut Zamhari, pihaknya sebelumnya sudah mengajukan permohonan agar operasional armada pengangkut sampah tetap bisa berjalan. Namun adanya pemangkasan untuk penanggulangan Covid-19 dan keterbatasan anggaran, maka pengajuan pihaknya tidak mendapatkan jawaban pasti hingy berhenti operasional sejumlah armada sampah tersebut.

“Tapi Alhamdulillah, setelah mencuatnya ditengah masyarakat, terkait menumpuknya sampah ini. Sudah ada kejelasan dari Bupati Lebong melalui Sekda Lebong dan jawaban dari BKD Lebong terkait anggaran tersebut. Kalau sudah ada kejelasannya, pastinya kita bisa pinjam dulu karena sudah ada jaminannya,” bebernya.

Atas ketidaknyamanan masyarakat, tersebut, lanjut Zamhari, pihaknya akan pastikan membersihkan seluruh sampah yang berada di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) akan segera diangkut ke TPA.

“Karena sudah ada jaminan dana operasional Armada sampah. Walaupun belum bisa cair sekarang, setidaknya sudah ada jaminan dan kami akan kerahkan seluruh tenaga DLH untuk mengangkut sampah yang menumpuk di TPS ke TPA,” pungkasnya. [Supriyadi]