PedomanBengkulu.com, Seluma – Mediasi yang dilakukan Pemkab Seluma dengan tiga orang kepala desa non aktif Padang Kelapo, Ujung Padang, dan Gunung Kembang kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) tidak mencapai titik temu. Kesepakatan tidak dicapai, dan Kapolres Seluma turun langsung ke lokasi.

Pada Senin (6/7/2020) malam, ratusan massa pendukung tiga kades kembali datang ke Pemkab Seluma sekitar pukul 18.45. Massa terus berdatangan ke Pemkab Seluma, guna meminta Pemkab Seluma mengaktifkan kembali tiga kades.

“Kalau yang saat ini sekitar seratus orang, kalau tidak ada kejelasan lagi masih ada 700 orang lagi” jelas Mukrin, salah satu perwakilan massa.

Mediasi Kedua Alot, Warga Tetap Bertahan di Pemkab

Sementara itu mediasi kedua kembali dilakukan antara Pemkab Seluma dengan tiga kades nonaktif. Namun mediasi yang dipimpin oleh Pj.Sekda Supratman, Dandim Seluma, Kapolres Seluma, hingga Kajari dan Ketua DPRD tak menemui kesepakatan. Kades menolak usulan mereka sendiri, yang awalnya meminta Plt. Kades dari PNS, bukan dari Sekdes lama.

“Kami imbau jangan anarkis, dan tetap kami lakukan pengamanan, mereka masih berkumpul dan berembuk lagi” jelas Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo. [IT2006]