PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Hari Raya Idhul Adha 1441 H jatuh pada hari Jum’at tanggal 31 Juli 2020, tentunya berbagai persiapan masyarakat dalam menyambut hari raya sudah mulai dilakukan. Kementerian Agama RI sudah mengeluarkan Surat Edaran ( SE ) tentang pelaksanaan ibadah Hari Raya Idhul Adha tahun 2020 ini termasuk penyelenggaraan pemotongan hewan Qurban. SE ini dikeluarkan terkait pandemi Covid-19 yg belum berakhir. Beberapa poin didalam SE diantaranya memperbolehkan masyarakat melaksanakan ibadah Shalat I’d di Masjid dan menyelenggarakan pemotongan hewan qurban, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan artian Masjid diharuskan menyediakan sarana protokol kesehatan seperti sarana cuci tangan dan sabun, menghimbau jama’ah untuk memakai masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah.

Desa Lagan, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Bengkulu Tengah juga pada Kamis pagi ( 30/7/2020 ) mempersiapkan Masjid Syuhada untuk menyambut hari raya Idul Adha. Persiapan yg dilakukan yaitu pembersihan Masjid dan penyemprotan disinfektan baik diluar maupun didalam Masjid. Hal itu disampaikan oleh Saukani, Kades Lagan yg ikut bersama-sama dengan perangkat desa, pengurus Masjid, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Saukani menambahkan, penyemprotan disinfektan adalah upaya desa dalam mencegah penyebaran Covid-19, sebagai mana diketahui setiap pelaksanaan ibadah Shalat I’d, jama’ah Masjid Syuhada ramai melaksanakan ibadah.

“Kami juga sudah menyiapkan sarana protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan dan sabun, pengaturan jarak antar jama’ah dan menghimbau kepada warga agar memakai masker pada saat melaksanakan ibadah Shalat I’d” jelas Kades.

Serda Didik Susandi ikut dalam kegiatan penyemprotan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Karang Tinggi. Sebagai Babinsa Koramil 407-03/TE yg bertugas di Desa Lagan, beliau selalu ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan di desa binaan, termasuk penyemprotan disinfektan yg dilaksanakan pada hari ini. Serda Didik kembali mengingatkan perangkat desa dan pengurus Masjid agar benar-benar mengawasi jama’ah terkait protokol kesehatan pada saat pelaksanaan ibadah Shalat I’d besok.

“Kita sama-sama menghimbau warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan, apalagi pada saat hari raya Idhul Adha, saya mohon mempedomani Surat Edaran dari kementerian agama RI” lanjut Babinsa.

Serda Didik juga menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan di Desa Lagan dilaksanakan secara rutin, baik pada fasilitas umum maupun rumah-rumah warga. Dalam pelaksanaan kegiatan di desa Babinsa selalu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan perangkat desa sehingga setiap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Serda Didik juga berharap pada saat pemotongan hewan qurban besok, panitia Qurban memperhatikan protokol kesehatan, apalagi pada saat pembagian daging Qurban agar di upayakan dibagi pertahap sehingga tidak terjadi kerumunan warga.[Rilis/Hendri Suwi]