PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemerintah Kabupaten Seluma memberikan keringanan terhadap masyarakat, dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Keringanan pajak yang diberikan sebesar 50 persen, dari total pajak biasanya. Keringanan diberikan sebagai dampak pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Marah Halim (12/7/2020) mengatakan, dispensasi pajak sudah diberlakukan, sehingga diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Kami berikan dispensasi sebesar 50 persenm dan diikuti juga dengan penurunan target pajak global” jelas Marah Halim.

Saat ini BPKD sedang melakukan pencetakan pemberitahuan pajak terhutang (SPPT) sebanyak 86 ribu lembar. SPPT tersebut akan disebar ke 182 desa, 20 kelurahan. Tak hanya itu, BPKD juga menyurati sejumlah perusahaan untuk segera membayar PBB.

Selain itu BPKD juga sedang melakukan pendataan objek pajak yang bertambah, sehingga dapat meningkatkan besaran pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Pendataan ulang sedang dilakukan, untuk mentgetahui dan mencatat objek pajak yang belum terdata” ujarnya.

Adapun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pajak Bumi dan Bangunan saat ini sudah dilakukan pengurangan, yakni dari semula sebesar Rp. 1,9 miliar menjadi 1 miliar. [IT2006]