PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Hari Raya Idhul Adha atau Hari Raya Kurban diperingati dan dirayakan pada 10 dzulhijjah. Pada tahun ini perayaan Idhul Adha 1441 Hijriah jatuh pada Jumat (31/7/2020). Pada tatanan new normal umat muslim harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu menjelang Hari Raya Idhul Adha harus mengikuti serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19 bagi seluruh umat muslim yang hendak melaksanakan kurban sesuai syariat islam.

Dengan demikian Dispangtan juga melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban sebagai langkah memutuskan penularan Covid-19 langsung melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dibeberapa penampungan peternakan hewan di Kota Bengkulu, pada Rabu (29/7/2020).

Menjelang peraya hari Raya idhul Adha atau hari raya qurban, Dispangtan Kota Bengkulu melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Hauliantua Pohan melakukan giat pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak atau hewan kurban.

“Mulai dari hari senin hingga kamis nanti kita akan melakukan pemeriksaan secara intens dengan memastikan hewan ternak untuk kurban dinyatakan sehat, apabila ada yang di temukan penyakit dapat diobati sejak dini dan kita sarankan jangan diperjualbelikan dulu sampai hewan itu sembuh,” ujar Hauliantua.

Dengan demikian, sambungnya umat muslim yang wajib secara agama, tentu harus menyiapkan diri untuk menjalankan ibadah kurban sesuai dengan ketentuan.

“Kita harus terlebih dahulu memilih hewan yang baik untuk dikurbankan di masa pandemi Covid-19. Bukan hanya dilihat dari sisi agama kita juga melihat jenis hewan kurban secara kesehatannya dan harus memastikan hewan tersebut benar-benar sehat,” jelasnya.

Diketahui, lokasi pemeriksaan yang dilakukan oleh Dispangtan dibeberapa tempat peternak diantaranya kelurahan Sidomulyo dan Sukarami. [Soprian]