PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam mempertahankan kedaulatan dan ketahanan pangan melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) meluncurkan program kartu tani dalam menyalurkan bantuan dan subsidi demi kesejahteraan petani di Kota Bengkulu.

Kartu tani mendukung di bidang pangan dan bersinggungan langsung harus mampu menerjemahkan dalam kebijakan pro rakyat. Sebanyak 302 petani di Kota Bengkulu mendapatkan kartu tani pada tahap pertama.

Dikatakan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, kartu tani tersebut merupakan sarana akses layanan terintegrasi yang berfungsi sebagai menyalurkan bantuan dan subsidi.

“Kami berharap agar para petani memanfaatkan keunggulan kartu tani, baik itu untuk pengadaan pupuk maupun bibit subsidi. Program pemerintah ini merupakan bentuk perhatian kita terhadap petani agar mendapat hasil panen yang maksimal,” ujar Dedy saat penyerahan secara simbolis di aula Kantor Dispangtan Kota Bengkulu, pada Rabu (8/7/2020).

Ditambahkan Dedy, penyerahan kartu tani merupakan upaya menyejahterakan para petani.

“Sebagai pemerintah, kita akan terus mengupayakan kesejahteraan setiap masyarakat. Seperti kali ini, kita berikan kartu tani kepada para petani agar mempermudah urusan dari berbagai bidang,” jelasnya.

Dedy juga berharap dengan kartu tani ini, seluruh petani Kota Bengkulu merasakan kemudahan dalam mempertahankan pangan dalam new normal.

“Ini bertujuan agar petani merasakan betul perhatian pemerintah. Selain kartu tani, kita juga mengusulkan perbaikan drainase serta bibit agar hasil pertanian di Kota Bengkulu hasilnya semakin maksimal,” pungkas Dedy.

Diketahui tahap pertama, penyaluran kartu tani secara simbolis dilakukan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Kepala Dispangtan Syahrul Tamzie yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Dalam penyerahan ini, sebanyak 302 petani di Kota Bengkulu mendapatkan kartu tani. [Soprian]