PedomanBengkulu.com, Seluma – Aksi demonstrasi dilakukan warga pendukung kepala desa Padang Kelapo, Ujung Padang, dan Gunung Kembang kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), di Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma (2/7/2020). Aksi demo dilakukan guna memprotes kebijakan Bupati Seluma, yang memberhentikan tiga kepala desa.

Sejak siang, massa melakukan iring iringan dari kawasan Simpang Enam, hingga masuk ke wilayah kantor Pemkab Seluma. Massa menyampaikan orasi meminta Pemkab Seluma untuk tidak mencabut kembali keputusan Pemkab Seluma yang memberhentikan sementara tiga kades. Setelah melakukan orasi, massa kemudian diberi kesempatan melakukan mediasi dengan perwakilan Pemkab Seluma.

“Pada intinya masyarakat meminta tiga kepala desa untuk diaktifkan kembali, dan kami menilai Bupati tidak adil mengambil keputusan dalam memberhentikan kepala desa. Karena sejak awal Bupati menyarankan masyarakat mengajukan gugatan TUN, mengapa tidak menyarankan tiga perangkat desa lama yang diberhentikan melayangkan gugatan TUN” jelas Kuasa Hukum tiga kades, Jeki Haryanto.

Melunak, Pemkab Seluma Sebut Akan Akomodir Tuntutan Massa

Sementara itu mediasi tidak menemui kesepakatan yang dilakukan pada kamis siang, membuat pendemo tetap berada di Pemkab Seluma hingga kamis petang. Massa akhirnya membubarkan diri setelah Asisten III Setda Kabupaten Seluma menyatakan akan mengakomodir tuntutan pendemo. Tiga kades dan perwakilan warga diminta hadir kembali pada senin (2/7/2020).

“Pada hari senin akan kembali dibahas bersama Bupati” jelas Asisten III Setdakab Seluma, Marhakidinata. [IT2006]