PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Bunga yang menjadi lambang provinsi Bengkulu, Rafflesia jenis Gadutensis kembali mekar di hutan lindung Boven Lais Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Bunga khas di Provinsi Bengkulu tersebut telah mekar dua sekaligus dalam satu tempat tiga hari yang lalu. Diprediksi bunga tersebut masih mekar sempurna dan dapat dinikmati pengunjung sampai lusa mendatang.

“Tumbuh tepat waktunya tidak tahu, tapi biasanya prediksi dan pantauan kita dari proses tumbuh knop sampai ke proses mekar bisa sampai 12 bulan paling cepat 8-9 bulan” ungkap Dani Umbara salah satu anggota Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Utara (KPPLBU), pada Rabu (22/7/2020).

Bagi wisatawan yang akan melihat bunga langka Raflesia jenis Gadutensis tersebut dapat datang langsung ke lokasi dalam waktu dekat ini. Karena pada waktu inilah bunga tersebut masih mekar sempurna dan pas digunakan untuk berfoto-foto.

“Hari ini hari ketiga mekar, besok lusa masih bisa dinikmati,” ungkapnya.

Lanjutnya, disinggung soal respon dari pemerintah mengenai bunga Raflesia tersebut dirinya mengatakan belum ada respon dari pemerintah dan dirinya berharap pemerintah dapat mengembangkan wisata bunga Rafflesia jenis Gadutensis yang sudah ditetapkan international yang hanya terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kami berharap untuk pemerintah lebih peran aktif mengembangkan wisata bunga raflesia,” harapnya.

Untuk melihat langsung bunga rafflesia, dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari provinsi Bengkulu menuju kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Dan untuk sampai di lokasi dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota menuju desa Talang Rais Kemumu.

Meski terbilang jauh dari Provinsi Bengkulu, tetapi banyak wisatawan dan pecinta puspa langka yang mau menuju ke lokasi untuk melihat bunga rafflesia ini. [ Sugeng]