Pedomanbengkulu.com, Seluma – Sekolah di Kabupaten Seluma sudah mulai menyiapkan prosedur penerapan protokol kesehatan, untuk kembali menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Salah satu sekolah yang sudah siap adalah SMP Negeri 5 Seluma, yang beralamatkan di kelurahan Pasar Tais kecamatan Seluma.

Persiapan tersebut meliputi pemasangan alat pencuci tangan di depan pintu masuk sekolah, dan di masing masing kelas. Sehingga nantinya setiap pelajar dan guru yang masuk ke dalam sekolah sudah dalam kondisi steril, dan mencegah penularan Covid-19.

“Sudah kami siapkan sampai ke depan kelas masing masing satu keran pencuci tangan, serta disiapkan sabun. Sehingga nanti semuanya sudah bersih sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan” jelas Kepala SMP Negeri 5 Seluma, Rahidi Asmara (26/7/2020).

Dijelaskan Rahidi pihaknya juga sudah menyiapkan mekanisme berupa pembagian jam belajar, secara bergiliran kepada setiap siswa di kelas. Sehingga nantinya tidak seluruh pelajar di setiap kelas dapat belajar tatap muka setiap harinya.

“Kami sedang menyiapkan pembagian jadwal shift belajar, jadi kalau misalnya satu kelas itu 30 orang, yang masuk hanya 15 orang dalam satu minggu, sedangkan yang lima belas lagi nanti belajar dirumah dan diberi tugas selama satu minggu” jelas Rahidi.

Sementara itu Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma menyatakan masih menunggu keputusan Bupati Seluma, untuk kembali melaksanakan kegiatan belajar tatap muka. Dispendik menilai kegiatan belajar jarak jauh atau melalui daring selama ini tidak maksimal.

“Belajar secara online itu sulit untuk diterapkan maksimal di Seluma, khususnya untuk pelajar yang tinggal di daerah terpencil seperti di Ulu Talo. Salah satu kendalanya adalah jaringan internet di sana yang sulit” jelas Kabid SMP, Dispendik Kabupaten Seluma, Sukiman. [IT2006]