PedomanBengkulu.com, Seluma – Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan Bupati Seluma, Bundra Jaya, ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Seluma (10/7/2020). Sidak dilakukan terkait penanganan dan pencegahan penularan Covid-19, dan dalam rangka mempertahankan zona hijau di Kabupaten Seluma.

Berdasarkan hasil sidak, ditemukan sejumlah PNS maupun tenaga kontrak di OPD yang tidak menggunakan masker, padahal masker sangat penting untuk mencegah Covid-19 yang menular melalui droplet atau percikan pernafasan.

“Ini yang saya sangat sayangkan, masih saja ada yang menyepelekan pandemi ini. Masker padahal sudah sering dibagi, mengapa tidak mau dipakai, jadi ini berbahaya” jelas Bundra Jaya.

Dijelaskan Bundra, pentingnya menggunakan masker bukan hanya utuk mencegah penularan di Seluma. Melainkan PNS dan seluruh staf di Pemkab Seluma, hampir didominasi dari warga luar Seluma termasuk Kota Bengkulu yang masih menjadi zona merah.

“Ada yang dari dalam Seluma seperti Sukaraja, Talo, dan daerah lainnya, tetapi banyak juga yang dari Bengkulu. Kita tidak tahu mereka berinteraksi dengan siapa saja, maka dari itu perlu dilakukan pencegahan” jelas Bundra.

PNS dan staf yang kedapatan tidak menggunakan masker, langsung diberi peringatan keras oleh Bupati. Mereka juga langsung diminta menggunakan masker, ataupun membeli dari luar. [IT2006]