PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Semangat gotong royong antar warga dan anggota Koramil 407-03/TE dalam menciptakan Desa Bebas Covid-19 sudah menampakkan hasil yang maksimal, terbukti pada hari Minggu (5/7/2020), Desa Semidang sudah terlihat tertata dengan baik serta setiap rumah warga sudah memiliki sarana cuci tangan dilengkapi dengan sabun.

Namun tidak cukup sampai disini saja, warga bersama anggota Koramil masih melakukan persiapan akhir/finishing. Adapun pekerjaan finishing meliputi pembersihan lingkungan desa, pemasangan spanduk pada gapura desa yang bertuliskan selamat datang dan selamat jalan dan pemasangan umbul-umbul.

“Hari ini adalah persiapan akhir dalam pembentukan Desa Bebas Covid-19, warga bersama anggota Koramil melaksanakan finishing,” jelas Kades Semidang, Minggu (5/7).

Doni Martono, selaku Kades Semidang mengucapkan terimakasih atas peran serta Koramil 407-03/TE dalam mewujudkan Desa Bebas Covid-19 di desa mereka. Beliau juga bersyukur dengan adanya Desa Bebas Covid-19 ini, kesadaran warga dalam mematuhi disiplin protokol kesehatan semakin tinggi.

Anggota Koramil 407-03/TE, di pimpin oleh Peltu Romli kembali memonitor kesiapan desa dan membantu warga melengkapi kekurangan serta membersihkan dan merapikan lingkungan desa. Harapan beliau Desa Semidang sudah selesai dalam melaksanakan persiapan, sehingga siap untuk di kunjungi dan dijadikan contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Kita juga mempersiapkan kunjungan dari Komandan Korem 041/Gamas, yang rencananya akan melihat langsung bentuk Desa Bebas Covid-19 di Desa Semidang,” jelas Peltu Romli.

Pembentukan Desa Bebas Covid-19 di Desa Semidang merupakan perwujudan kepedulian dan upaya TNI-AD untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, dalam hal ini Kodim 0407/Bengkulu menunjuk Koramil- Koramil jajaran untuk membuat satu Desa Bebas Covid-19 sebagai desa percontohan yang nantinya akan diikuti oleh desa-desa lain di wilayah binaan Kodim 0407/Bengkulu.

Dengan dibentuknya Desa Bebas Covid-19, maka kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan akan timbul dengan sendirinya. Meskipun demikian, imbauan dan penegakan disiplin protokol kesehatan akan tetap dilakukan oleh Koramil 407-03/TE di wilayah binaan. [Hendri Suwi/Rilis]