Ilustrasi

Perkembangan Virus Corona di Indonesia

Wabah Covid-19 di Indonesia belum berakhir, hal tersebut berdasarkan pernyataan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan hari ini ada penambahan kasus positif sebanyak 1.293 kasus.

“Hari ini ada penambahan kasus baru positif Corona sebanyak 1.293 kasus,” kata Achmad Yurianto dalam konferensi BNPB pada Selasa (30/6/2020).

Sehingga, per 30 Juni 2020 pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif Corona sebanyak 56.385 kasus.

Sementara itu, untuk jumlah kasus sembuh sebanyak 24.806 kasus dan kasus meninggal dunia sebanyak 2.876 kasus.

Yurianto juga menjelaskan penambahan kasus positif Corona per hari ini sebarannya berada di beberapa provinsi yaitu di antaranya Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan wilayah lainnya.

Presiden Joko Widodo dan Menkes Terawan Agus Putranto sudah meninjau kerja-kerja yang dilakukan Gugas Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur beberapa hari yang lalu. Mereka berharap upaya penanggulangan terus dilakukan secara intensif agar jumlah kasus positif bisa menurun.

Sejauh ini, kasus positif virus corona di Indonesia merupakan yang terbanyak di lingkup Asia Tenggara. Indonesia sudah mengalahkan Singapura sejak beberapa pekan yang lalu dalam hal kasus positif.

Meski demikian, pemerintah Indonesia sudah mulai mempersiapkan penerapan tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi virus corona. Sejumlah sektor kembali dibuka untuk memulihkan perekonomian.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga tak lelah-lelahnya mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. [Suci Kusuma]