PedomanBengkulu.com, Seluma – Tiga orang kepala desa yakni kades Padang Kelapo, Ujung Padang, dan Gunung Kembang, saat ini sudah diaktifkan kembali oleh Bupati Seluma, setelah mereka menyepakati untuk kembali mengatifkan perangkat desa yang lama. Surat keputusan pengaktifan kembali kades, sudah diserahkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Seluma pada pekan lalu.

Pemerintah Kabupaten Seluma kembali menekankan agar kepala desa dapat mengikuti aturan, dan kesepakatan yang sudah mereka tandatangi pada pekan lalu, yakni kembali mengaktifkan dan memfungsikan perangkat desa yang lama. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Seluma, Supratman (13/7/2020).

“Sesuai kesepakatan kemarin, yakni mengaktifkan dan memfungsikan perangkat desa yang lama. Kalau untuk yang perangkat desa baru itu tidak diakui, artinya tidak bisa menjalankan tugasnya dan cacat hukum” jelas Supratman.

Adapun sebelum kembali diaktifkan menjadi kepala desa, massa pendukung tiga kades melakukan aksi demonstrasi sejak Kamis (2/7/2020) lalu di Pemkab Seluma. Pemkab Seluma kemudian melakukan mediasi pada Senin (6/7/2020) lalu, namun tak menemui kesepekatan hingga massa kembali datang pada malam harinya. Kemudian pada Selasa (7/7/2020) massa kembali datang dalam jumlah yang lebih besar ke DPRD Kabupaten Seluma dengan tuntutan meminta pengaktifkan kembali kades. Hingga akhirnya pada malam hari, kepala desa bersedia mengaktifkan kembali perangkat desa lama dalam surat perjanjian bersama Bupati Seluma. Ketiga kades akhirnya diaktifkan kembali oleh Bupati Seluma pada Rabu (8/7/2020). [IT2006]