Ilustrasi Bumi Datar (Foto: Geek.com).

Beberapa tahun terakhir, perdebatan bumi bulat dan bumi datar menjadi lebih intens. Bahkan ada kampanye internasional kelompok penganut teori bumi datar dipimpin rapper Amerika Serikat Bobby Ray Simmons Jr untuk mengumpulkan dana $1 juta untuk membuat satelit sendiri untuk membuktikan bentuk bumi dengan membuat roket sendiri untuk keluar angkasa.

Padahal, ada cara lebih sederhana untuk membuktikan bentuk bumi tanpa perlu ke luar angkasa. Melansir laman livescience.com, berikut 7 cara membuktikan bahwa bumi itu bulat tanpa perlu meluncurkan satelit.

1. Pergi ke Pelabuhan

Saat kapal terlihat tenggelam di cakrawala (Foto: iphincow.com).

Ketika sebuah kapal berlayar menuju cakrawala, ia akan menjadi lebih kecil dan lebih kecil, sampai tidak terlihat lagi. Pada saat itu, lambung kapal terlihat tenggelam di bawah cakrawala terlebih dahulu, lalu tiangnya.

Saat kapal kembali dari pelayaran, urutannya akan terbalik, pertama tiangnya akan terlihat, baru kemudian lambung kapal, nampak naik di atas cakrawala.

Pengamatan kapal dan cakrawala berdasarkan “Astronomi Zetetik” tahun 1881, teks teori bumi datar pertama di era modern, menyangkal bahwa hal itu hanyalah asumsi, bahwa muncul dan hilangnya objek di cakrawala hanyalah sebuah perspektif.

Penyangkalan itu tidak masuk akal, bagaimanapun, tidak ada yang namanya penglihatan perspektif dapat membuat suatu benda menghilang bagian bawahnya sebelum bagian atasnya atau sebaliknya.

Jika anda ingin membuktikan bahwa perspektif bukanlah alasan kapal tenggelam di cakrawala, silahkan bahwa teropong atau bahkan teleskop untuk menambah jarak penglihatan, kapal tetap akan menghilang di cakrawala.

2. Lihatlah Bintang-Bintang

Rasi bintang atau konstelasi berbeda akan terlihat di belahan bumi yang berbeda (Foto: kvmagruder.net).

Filsuf Yunani kuno Aristoteles mengungkapkan hal ini pada tahun 350 sebelum masehi, dan tidak ada yang berubah. Rasi bintang yang berbeda terlihat dari garis lintang yang berbeda. Mungkin dua contoh yang paling mencolok adalah rasi bintang biduk dan crux. Rasi bintang besar yang terlihat seperti gayung, selalu terlihat di garis lintang 42 derajat utara atau lebih tinggi. Di bawah 25 derajat selatan, anda tidak akan dapat melihatnya sama sekali.

Sementara itu, di belahan bumi selatan, ada rasi bintang Cygnus, susunan bintang berderet empat yang sangat terang. Rasi bintang ini tidak akan terlihat sampai anda melakukan perjalanan ke belahan bumi bagian selatan.

Pemandangan bintang-bintang yang berbeda ini, masuk akan jika anda membayangkan bahwa bumi berbentuk bulat. Rasi bintang yang berbeda akan terlihat di belahan bumi yang berbeda.

3. Mengamati Gerhana

Gerhana menjadi bukti yang paling nyata melihat bentuk bumi (Foto: dailyhornet.com).

Aristoteles juga memperkuat keyakinannya bahwa bumi itu bulat dengan mengamati gerhana bulan, bayangan bumi di yang terpantul saat gerhana bulan terlihat melengkung dan dapat dilihat selama gerhana bulan.

Selain itu, gerhana matahari juga memperkuat gagasan bahwa planet, bulan dan bintang adalah sekumpulan benda bulat yang saling mengorbit. Jika bumi berbentuk datar seperti cakram, dengan bintang, planet, seluruh benda angkasa dan satelit lainnya seperti melayang diatasnya, maka gerhana matahari total yang melintasi Amerika Utara pada Agustus 2017 menjadi sangat sulit untuk dijelaskan.

4. Memanjat Pohon

Memanjat pohon (Foto: cnn.com).

Cara lain untuk membuktikan bumi itu bulat adalah pergi ke tempat yang lebih tinggi. Jika bumi itu datar, anda bisa melihat jarak jauh tanpa peduli ketinggian anda. Pikirkanlah, mata anda bisa mendeteksi benda terang, seperti galaksi Andromeda, dari 2,6 juta tahun cahaya.

Maka dengan bantuan alat, anda tidak akan dapat melihat sangat jauh lebih dari 3,1 mill atau 5 km, kecuali jika anda memanjat pohon atau bangunan atau tempat yang tinggi untuk membuat perspektif anda menjadi lebih tinggi.

5. Naik Pesawat Keliling Dunia

Pemandangan dari dalam pesawat (FOto: abduzeedo.com).

Cara ini setidaknya menghabiskan biaya kurang dari Rp 1,3 miliar. Siapapun bisa mengelilingi dunia asat ini, bahkan ada perusahaan jasa perjalanan seperti AirTreks yang mengkhususkan diri untuk perjalanan keliling dunia.

Saat terbang dan cuaca cerah, anda akan dapat melihat pemandangan udara yang cukup tinggi dan akan terlihat kelengkungan bumi dengan mata telanjang.

Sebuah makalah tahun 2008 di Jurnal Applied Optics, kelengkungan bumi menjadi agak terlihat pada ketinggian sekitar 35.000 kaki, selama pengamat setidaknya memiliki bidang pandang 60 derajat (Yang mungkin sulit dengan dari jendela pesawat).

Kelengkungan menjadi mudah terlihat di atas 50.000 kaki. Penumpang pesawat condorde supersonik saat ini, bisa disuguhi pemandangan cakralawa melengkung saat terbang di ketinggian 60.000 kaki.

6. Gunakan Balon Cuaca

Foto dengan menggunakan balon udara (Foto: Medium.com).

Seorang mahasiswa Universitas Leicester dilaporkan pernah mengikat beberapa kamera ke balon udara dan mengirimkannya ke langit. Balon itu naik 77.429 kaki atau 23,9 km di atas permukaan tanah. Jauh diatas kemungkinan untuk dapat melihat lengkungan bumi.

Gambar yang diambil, cukup menakjubkan dengan menunjukan lengkungan cakrawala. Selama balon itu memiliki beban kurang dari 2 kg, maka itu bisa diterbangkan.

7. Bandingkan Bayangan Anda

Ilustrasi bayangan (Foto: topmeaning.com).

Orang pertama yang memperkirakan keliling bumi adalah seorang matematikawan Yunani bernama Eratosthenes yang lahir pada tahun 276 SM. Dia melakukannya dengan membandingkan bayangan pada titik balik matahari musim panas di tempat yang sekarang dikenal sebagai Aswan, Mesir, dengan kota Alexandria utara.

Pada siang hari, ketika matahari langsung di kepala di Aswan, tidak ada bayangan. Namun di Alexandria, sebuah tongkat yang dipasang di tanah membuat bayangan, Eratothenes menyadari bahwa jika dia tahu sudut bayangan dan jarak antara kota-kota, dia bisa menghitung keliling dunia.

Diatas bumi yang datar, tidak akan ada perbedaan antara panjang bayangan sama sekali. Posisi matahari akan sama. Hanya planet berbentuk bola yang dapat menjelaskan mengapa posisi matahari bisa berbeda di dua kota berbeda. [Ricky]