Anak yang depresi (Foto: genial.ly)

Umumnya, jika kita mendengar kata depresi, kita akan mengasosiasikannya dengan kesedihan dan tentu ini juga yang umumnya terjadi. Namun ternyata tidak selalu demikian jika anak-anak dan remaja yang mengalami depresi.

Claire Mc Carthy, MD, dokter anak di rumah sakit anak Boston dan juga asisten profesor pediatri di Harvard Medical School, seperti dikutip dari harvard.edu mengatakan bahwa anak-anak dan remaja yang mengalami depresi bisa jadi tidak menunjukan kesedihan.

Ia menjelaskan, setidaknya pada usia 12 hingga 17 tahun, dari data yang ada sekitar 13 persen mengalami depresi berat. Oleh karena itu penting untuk menyadari tanda-tandanya.

Penting juga untuk diketahui, bahwa depresi adalah penyakit yang dapat diobati, dan jika tidak ditangani segera maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental hingga masalah fisik jangka panjang bahkan mungkin bunuh diri.

Berikut adalah kemungkinan tanda-tanda depresi pada anak-anak dan remaja:

1. Nilai Anjlok

Mungkin banyak hal yang menyebabkan nilai anak anjlok, tapi satu hal yang paling utama harus diperhatikan adalah kemungkinan depresi. Apalagi jika anjloknya nilai anak terjadi mendadak.

2. Kemarahan

Ada banyak alasan juga yang menyebabkan seseorang marah, tapi jika hal ini terus terjadi dan mungkin juga baru kali ini kemarahannya yang seperti. Kemungkinan ini berkaitan dengan depresi.

3. Bosan

Jika anak tiba-tiba mendadak bosan dengan sesuatu yang sebelumnya sangat dia sukai dan mengalami ciri kebosanan yang berkepenjangan, kemungkinan ini depresi.

4. Kesulitan Bersosialisasi

Ketika anak bertengkar dengan temannya dan mungkin lebih banyak temannya dan lebih sedikit waktunya bersosialisasi dengan temannya, ini pertanda depresi.

5. Perilaku Berbahaya

Pada kasus tertentu mungkin masih normal, namun jika dalam tahap tidak wajar seperti melukai diri sendiri, ini sangat berbahaya.

6. Keluhan Fisik Terus Menerus

Hubungan pikiran dan tubuh memang sangat kuat, jika anak terus mengeluhkan sakit terus menerus seperti sakit kepala, bisa jadi ini gejala depresi.

7. Kelelahan

Ini adalah gejala lain yang harus diperiksa, ada banyak alasan orang sering mengalami kelelahan, termasuk diantaranya adalah karena depresi

Nah para orang tua, jika anda merasakan tanda-tanda tersebut dari anak anda, mungkin anda perlu berbicara dengan anak anda atau mungkin membawanya ke profesional untuk mendapatkan konseling. Penanganan yang lebih dini, penting untuk menyelamatkan orang tersayang anda. [Ricky]