Obat antivirus corona pada kucing diharapkan efektif pada manusia (Foto: reuters.com)

Para peneliti di Universitas Alberta sedang bersiap untuk meluncurkan uji klinis obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit mematikan yang disebabkan virus corona pada kucing yang diharapkan juga akan efektif sebagai pengobatan untuk covid-19 pada manusia.

“Hanya dalam dua bulan, hasil kami menunjukkan bahwa obat tersebut efektif dalam menghambat replikasi virus SARS-CoV-2 -yang menyebabkan penyakit covid-19- dalam sel,” kata Joanne Lemieux, seorang profesor biokimia di Fakultas Kedokteran & Kedokteran Gigi.

“Obat ini sangat mungkin bekerja pada manusia, jadi kami didorong bahwa ini akan menjadi pengobatan antivirus yang efektif untuk pasien COVID-19.”

Obat tersebut adalah protease inhibitor yang mengganggu kemampuan virus untuk bereplikasi, sehingga mengakhiri infeksi. Protease adalah kunci untuk banyak fungsi tubuh dan merupakan target umum obat untuk mengobati segala sesuatu mulai dari tekanan darah tinggi hingga kanker dan HIV.

Pertama kali dipelajari oleh ahli kimia U dari John Vederas dan ahli biokimia Michael James setelah wabah sindrom pernafasan akut parah (SARS) tahun 2003, protease inhibitor dikembangkan lebih lanjut oleh para peneliti hewan yang menunjukkan itu dapat menyembuhkan penyakit yang fatal pada kucing.

Temuan mereka dipublikasikan pada 27 Agustus 2020 di jurnal peer-review Nature Communications setelah pertama kali diposting di sebuah situs web penelitian, BioRxIV.

“Ada aturan dalam penelitian COVID bahwa semua hasil harus segera dipublikasikan,” kata Lemieux, itulah sebabnya mereka diposting sebelum ditinjau sejawat.

Dia mengatakan minat terhadap karya itu tinggi, dan telah diakses ribuan kali segera setelah diposting. [Ricky]