PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar Bank Bengkulu dengan aparatur desa guna memberikan kemudahan bagi pemerintah desa se-kecamatan Pagar Jati dalam melakukan pengajuan pinjaman dengan menggunakan SK yang telah diterbitkan bagi perangkat desa masing-masing.

Acara penandatanganan PKS yang diselenggarakan oleh Bank Bengkulu ini juga dihadiri Camat Pagar Jati Camat Dailani Sobirin dan seluruh kepala desa se-kecamatan Pagar Jati yang diadakan di balai desa, desa Pagar Jati pada Rabu (12/8/2020).

Dalam sambutannya Dailani Sobirin mengucapkan terimakasih atas ketersediaan dari Bank Bengkulu dalam memberikan pelayanan kemudahan bagi perangkat desa yang nantinya akan melakukan pengajuan pinjaman.

“Ucapan terimakasih, kepada pihak Bank Bengkulu yang telah melakukan MoU kepada setiap desa di kecamatan kita ini. Yang mana nantinya membantu perangkat desa dalam melakukan proses pengajuan pinjaman yang dipotong dari gaji yang diterima perangkat desa.” ungkapnya.

Dailani juga berharap dengan adanya hal ini, dapat meningkatkan perekonomian khususnya perangkat desa yang selama ini hanya mengandalkan gaji pokok agar kedepannya dapat melakukan atau membuka usaha-usaha mandiri.

“Pinjaman 80% dari gaji, bisa meminjam Bank sesuai dengan rekomendasi bendahara dan kepala desa. Dan ada ketentuan-ketentuan tertentu juga yang harus di penuhi pengaju.” tegasnya.

Sementara itu Cecen Yuheni selaku AO Pemasaran Bank Bengkulu saat ditemui PedomanBengkulu.com menjelaskan, Bank Bengkulu akan memberikan kemudahan dan berbagai kelebihan bagi perangkat desa yang nantinya akan melakukan peminjaman.

“Peminjaman sendiri sangat kita permudahkan, dan sebagai anggunan kita cukup SK dan rekomendasi Kades bersama Bendahara dan jika pinjaman di atas Rp25 juta akan ada gangguan tambahan. Seperti surat tanah ataupun yang lainnya.” jelas Cecen. [Hendri Suwi]