Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

PedomanBengkulu.com, Provinsi Bengkulu – Beberapa waktu lalu, dalam proses Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil I Provinsi Bengkulu, menyarankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mengucurkan subsidi kuota internet kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Menanggapi sikut itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah pun memberi fatwanya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memberi arahan agar sekolah-sekolah yang berada dizona kuning, untuk melakukan proses belajar-mengajar secara tatap-muka. Namun, prosesi itu nantinya akan dimodifikasi dengan bebeapa skenario.

“Mengikuti protokol kesehatan, bisa dengan jam belajarnya yang dikurangi,” kata Rohidin, pada Minggu (16/8/2020).

Rohidin melanjutkan, perintah untuk melakukan prosesi belajar-mengajar tatap-muka tidak hanya untuk kabupaten/kota yang berada dalam zona kuning saja. Namun juga, sekolah-sekolah yang berada di zona hijau dan orange.

“Mulai minggu ini akan kita terapkan, untuk kabupaten-kabupaten dengan warna hijau, kuning mulai belajar tatap-muka. Zona orange juga,” tuturnya.

Diharapkan, strategi ini dapat berjalan sesuai rencana dan memberi solusi akan kekhawatiran dunia pendidikan Bumi Rafflesia, ditengah pandemi covid-19. Lantaran, pola yang akan diterapkan itu pastinya akan mengurangi mode belajar secara online.

“Diharapkan penggunaan mode belajar jarak-jauh bisa dikurangi. Dan pola itu, nantinya akan mengurangi persentase siswa perkelas,” tutup Gubernur. (Alfi)