Ilustrasi hewan terpanjang di dunia (Sumber: goodreads.com)

Pernahkah kamu bertanya-tanya, hewan apakah yang paling panjang di dunia ini? Mungkin sebagian besar akan menyebut paus biru yang juga merupakan hewan terbesar di dunia. Tapi ternyata kamu salah, karena tidak berarti yang terbesar itu juga yang terpanjang.

Dalam buku rekor dunia, Guinness World Records, rekor hewan terpanjang dipegang oleh spesies cacing pita atau nemertean yang diberi nama cacing tali sepatu atau cacing bootlace dalam bahasa Inggris dengan nama ilmiah Lineus Longissimus. Panjangnya bisa mencapai 55 meter dengan lebar 5-10 cm.

Coba bandingkan dengan paus biru terbesar yang pernah ada panjangnya hanya 30 meter. Atau coba bandingkan dengan ubur-ubur singa yang memiliki tentakel mencapai 36 meter, cacing ini tetap jauh lebih panjang.

Cacing ini terdapat di perairan dangkal laut utara Inggris dan pertama kali ditemukan pada tahun 1864 setelah badai hebat yang menghantam Skotlandia, dan cacing ini terdampar di St. Adrews di Fife Inggris.

Cacing tali sepatu, hewan terpanjang di dunia (Sumber: flickr.com)

Hewan ini bisa makan apa saja yang ada di laut, termasuk sejenis krustacea hingga serangga. Menariknya, saat tak menemukan makanan, cacing bootlace akan memakan dirinya sendiri. [Ricky]