Walikota Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi melakukan wawancara usai pertemuan dengan tim XL Axiata yang memperkenalkan fungsi alat Crowd Thermal dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Smart System, di Balaikota, Selasa (4/8/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mendengarkan pemaparan dari tim XL Axiata untuk menjadikan kota Bengkulu religius dan bahagia. Pemaparan tersebut tim XL Axiata memperkenalkan fungsi alat Crowd Thermal dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Smart System, di Balaikota Selasa (4/8/2020).

Pemaparan tersebut menjelaskan bagaimana fungsi dan kegunaan serta bagaimana cara pengoperasian alat sensor suhu tubuh (Crowd Thermal) pendeteksi penggunaan masker, di Balaikota Selasa (4/8/2020). XL Axiata juga menjelaskan fungsi alat Crowd Thermal dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Smart System.

“Untuk menghadirkan kebahagiaan di era teknologi seperti saat ini dengan menggunakan pemanfaatannya akan lebih efisien, Ini juga salah satu langkah yang serius akan dilakukan pemerintah dalam meminimalisir penularan Covid-19 di Kota Bengkulu,” ujar Helmi.

Saat pemaparan dari tim XL Axiata, Government & Public Sector Enterprise Business Solution, Ria Putri Sekarwidati, menjelaskan fungsi dan fitur yang yang terdapat pada kedua alat tersebut.

“Crowd Thermal alat temperatur suhu tubuh berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh manusia apabila ada seseorang yang demam. Alat ini sudah banyak juga digunakan di bandara,” papar Ria Putri Sekarwidati.

Begitu juga dengan alat PJU, ini lebih efesiensi dalam mengontrol aktifitas lampu pada saat diguknakan atau tidak digunakan lagi. Seperti pada saat malam hari ketika orang tidak menggunakan lampu jalan lagi, lampunya bisa diredupkan sehingga penggunaan energinya lebih hemat.

“Selain untuk menyalakan dan mematikan lampu, kondisi lampu juga dapat dipantau oleh petugas. Apabila ada lampu yang rusak, operator akan memberikan informasi tersebut sehingga lampu dapat diperbaiki segera oleh petugas di lapangan, dan juga Ini didukung dengan jaringan XL 3G dan 4G.” Pungkasnya.

Diketahui turut hadir mendampingi Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakilnya Dedy Wahyudi, juga hadir kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Kepala Dinas Perhubungan, Plt Kadis Kominfosan dan Direktur RSHD Kota Bengkulu. [Soprian]